Anggota Kepolisian Resort (Polres) Kapuas Hulu Kalimantan Barat Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) Belmi Siallagan meraih penghargaan Nugra Jasa darma Pustaloka 2022 Kategori pengiat literasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Nama Aipda Belmi Siallagan yang saat ini menjabat sebagai Kasubnit Binmas Pol Air Polres Kapuas Hulu muncul kepermukaan setelah dirinya kurang lebih empat tahun terakhir membuat terobosan dalam tranformasi insklusi sosial dengan mendirikan rumah baca yang didirikanya di TBM Ngudi Kaweruh Trans Kalis Desa Nanga Kalis Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu.

"Kedepannya perpustakaan keliling dan tranformasi insklusi sosial itu tetap kita kembangkan, nanti selain saya berkeliling juga, Taman Bacaan Ngudi Kaweruh akan kita perjuangkan untuk mendapatkan laptop agar anak binaan tidak lagi gagal teknologi (gaptek)," kata Aipda Belmi Siallagan, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu.

Diketahui, penghargaan Nugra Jasa darma Pustaloka 2022 Kategori Pengiat Lierasi itu diserahkan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando kepada Aipda Belmi Siallagan pada acara Malam Gemilang Perpusnas 2022 yang dilaksanakan di Grand Ballroom, Jakarta pada Senin malam (14/11).

Dia mengatakan suatu prestasi yang diraihnya tersebut berkat bimbingan pimpinan di jajaran Polres Kapuas Hulu dan Polda Kalimantan Barat.

"Atas penghargaan itu rasanya senang sekali, saya bersyukur buat kebaikan Tuhan," kata Belmi Siallagan.

Belmi juga mengakui sebelum menerima penghargaan tingkat nasional di bidang literasi sudah banyak prestasi yang berhasil ditorehkannya yaitu pernah dua kali mendapatkan penghargaan dari Kapolres Kapuas Hulu, satu kali dapat penghargaan dari Kepala TVRI Kalbar, satu kali dari Bupati Kapuas Hulu, terakhir bersama Dinas Perpustakaan Kapuas Hulu berhasil sebagai juara 1 Lapak Terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Kepala Perpustakaan dan Kearsipan  Kalimantan Barat Sugeng Hariadi menjelaskan penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Perpusnas kepada para pejuang literasi salah satunya kepada Aipda Belmi Siallagan.


 
Aipda Belmi Siallagan menerima penghargaan Nugra Jasa darma Pustaloka 2022 Kategori Pengiat Lierasi dari Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando pada acara Malam Gemilang Perpusnas 2022 yang dilaksanakan di Grand Ballroom, Jakarta pada Senin malam (14/11/2022). ANTARA/HO-Humas Polres Kapuas Hulu. (Teofilusianto Timotius)


"Aipda Belmi Siallagan menerima penghargaan dalam kategori penggiat literasi yang peduli akan kegemaran membaca dan dengan membaca buku dari Perpusnas berhasil mengembangkan transformasi insklusi sosial," jelas Sugeng Hariadi.

Sementara itu, Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar mengatakan prestasi yang diraih oleh Ipda Belmi Siallagan suatu kebanggaan Polres Kapuas Hulu, sebagai seorang anggota Polri aktif dapat membuat terobosan yang sangat bermanfaat bagi tentang masyarakat.

"Itu yang selalu saya tekankan kepada seluruh jajaran di Polres Kapuas Hulu, agar dapat hadir di tengah masyarakat bukan sekedar menjalankan tugas pokok sebagai anggota Polri, tetapi bagaimana bisa bermanfaat bagi kehidupan sosial terutama itu menyangkut generasi muda agar gemar membaca," ujarnya.

Dirinya berpesan kepada seluruh jajaran anggota Polres Kapuas Hulu agar bisa menjadi contoh dan teladan di tengah masyarakat.

"Silahkan berkarya mengembangkan potensi diri dengan tetap melaksanakan tugas pokok sebagai anggota Polri," pesannya.

Kasi Humas Polres Kapuas Hulu IPTU Jaspian menambahkan bahwa sosok Aipda Belmi Siallagan berhasil mengembangkan transformasi insklusi sosial dengan budi daya puluhan hektar buah naga, budi daya ikan lele di Rumah Baca yang didirikannya di TBM Ngudi Kaweruh Trans Kalis Desa Nanga Kalis Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu dan berhasil membina budi daya tanaman obat Jahe, Kunyit, Temulawak milik Ibu Khatarina di Desa Tekalong, Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu.

"Belmi itu memiliki terobosan melakukan pembinaan kepada masyarakat, baik saat bertugas di Polsek Kalis dan juga di Mentebah," katanya.

Dikatakan Jaspian, pihaknya mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh Belmi dengan harapan dapat menjadi contoh bagi anggota Polri lainnya di jajaran Polres Kapuas Hulu.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022