Kapolres Bengkayang, Polda Kalimantan Barat, Bayu Suseno menyatakan sejauh ini pelaksanaan perayaan Cap Go Meh 2023 di wilayah hukumnya berlangsung aman damai, lancar dan tertib.

"Kita lihat antusias masyarakat sangat ramai. Kami terus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Bersyukur itu terwujud," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Minggu.

Ia menjelaskan dalam perayaan puncak Cap Go Meh, Minggu (5/2/2023) turun langsung memantau kondisi dan situasi keamanan dan ketertiban di lapangan.

“Semua berjalan dengan baik, personel pengamanan agar melaksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab, semangat dan ikhlas serta lakukan pengamanan sesuai dengan SOP yang berlaku. Keamanan dan ketertiban tidak terlepas dari peran semua pihak," papar dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh 2023 Bengkayang, Alut sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas kegiatan pengamanan yang dilakukan oleh pihak keamanan, dalam hal ini Polres Bengkayang.

“Terima kasih kepada bapak Kapolres beserta jajaran yang telah memberikan pelayanan dan pengamanan Festival Cap Go Meh ini sehingga rangkaian kegiatan dapat berjalan aman dan lancar, tanpa halangan yang berarti,” ucap Alut.

Perayaan Cap Go Meh merupakan akhir dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek yang dilakukan setiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa atau 15 hari setelah perayaan Imlek bagi masyarakat Tionghoa.

Pada perayaan ini, panitia Cap Go Meh menerjunkan sebanyak 2 naga, 4 barongsai, 61 tandu beserta 125 tatung, kelompok marching band, kelompok kesenian Reog Ponorogo dan Tanjidor untuk memeriahkan Festival Cap Go Meh di Kecamatan Bengkayang yang dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023