Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Fransiskus Diaan mengatakan keberadaan Pers sangat diharapkan dapat menghasilkan berita-berita akurat memberikan edukasi dan memerangi berita bohong atau hoak.

"Di tengah derasnya informasi dan perkembangan teknologi Pers harus bisa beradaptasi dan harus  memberikan informasi yang akurat serta memerangi berita hoak terutama menghadapi Pemilu 2024," kata Fransiskus Diaan, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Fransiskus, Pers mempunyai peranan penting untuk dapat memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan informasi terutama berkaitan dengan program pemerintah.

Menurutnya, Pers juga sebagai penyambung komunikasi yang positif antara pemerintah dan masyarakat di era digitalisasi sangat penting. Termasuk dalam membantu menyampaikan informasi kebijakan dan program-program pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu agar dapat diterima masyarakat secara jelas dan berimbang.

Dikatakan dia, pada era digitalisasi dan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang yang marak dengan informasi media sosial, siapapun bisa menjadi "wartawan", termasuk masyarakat.

Tetapi, tanpa pengetahuan yang cukup informasi yang disampaikan tidak berpedoman pada kode etik.

Hal itu, kata Fransiskus yang menjadi perbedaan dengan wartawan profesional. Profesi wartawan pasti ada kode etik. Sedangkan masyarakat biasa begitu mendengar sedikit informasi langsung diupload di media sosial.

"Disinilah bantuan pers (wartawan) yang mempunyai jaringan, kompetensi, dan kode etik untuk menyeimbangkan atau menetralisir informasi yang disampaikan," ujarnya.

Terkait Pemilu 2024 mendatang, Fransiskus mengatakan Pers memiliki peran penting dalam pelaksanaan pemilu dengan harapan Pers bisa bersikap profesional.

Selain itu, tidak bisa kita pungkiri bahwa pada setiap pemilu ada saja  informasi hoaks atau berita bohong yang bertebaran. Semua itu terjadi tanpa ada konfirmasi sehingga tidak bisa dipertanggungjawabkan. 

Dia meyakini Pers punya andil besar untuk dapat membantu meluruskan informasi yang tidak benar itu melalui media beritanya. karena kita ketahu bahwa pers akan bekerja dengan profesional sesuai dengan kode etiknya.

"Pers dalam menghadapai Pemilu 2024, tetaplah independen dan semoga produk-produk jurnalistik yang dihasilkan semakin berkualitas," katanya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dan seluruh masyarakat Kapuas Hulu, Fransiskus juga menyampaikan selamat Hari Pers Tahun 2023 untuk seluruh insan pers di tanah air, terutama yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu.

Dia mengaku dukungan dari insan pers sangat penting, karena mengingatkan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dan jajarannya jika ada yang kurang, yang perlu diperbaiki, mendorong yang masih lambat, dan juga mengapresiasi yang sudah berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu selalu terbuka menerima masukan dari insan pers. Karena pers sejati menebarkan berita dengan hati.

Disampaikan Fransiskus, Peringatan Hari Pers Nasional 2023 dengan tema "Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat", merupakan hari spesial bagi Insan Pers tanah air karena berkumpulnya untuk meningkatkan kualitas pers adanya workshop, seminar, pameran dan penganugerahan.

Menurutnya, di Kabupaten Kapuas Hulu Peringatan Hari Pers ini merupakan rasa kebersamaan setiap insan pers yang ada karena ikut merasakan pesta raya Pers Nasional 2023, biasanya mereka (wartawan) melakukann aksi sosial.

"Terima kasih kepada insan pers yang telah bekerja terus menyampaikan informasi, meningkatkan literasi, membangun optimisme, dan membangun harapan bagi masyarakat," kata Fransiskus.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023