Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat meminta dan menekankan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memacu pencapaian target kinerja pembangunan sesuai yang di tetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) perubahan Kabupaten Kubu Raya 2021-2026.

"Dalam Musrenbang Kubu Raya disepakati bersama program prioritas yang akan dilakukan Pemkab Kubu Raya. Untuk itu, saya tekankan agar dalam menyusun program kegiatan yang akan dilakukan itu harus perhatikan prioritas kebutuhan daerah dan dapat mencapai target kinerja pembangunan yang telah ditetapkan tersebut," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Harisson saat menghadiri Musrenbang RKPD di Kubu Raya, Kamis.

Harisson menambahkan, bahwa dalam Musrenbang tersebut, proses penyusunan perencanaannya harus bersifat partisipasif dengan memperhatikan aspirasi dan masukan dari masyarakat.

Harisson juga meminta pada Pemkab Kubu Raya agar dapat terus memperhatikan penyediaan infrastruktur dasar masyarakat, baik itu peningkatan kualitas jalan maupun penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat terus diupayakan.

"Di sisi lain antisipasi terhadap bencana alam seperti banjir juga harus kita perhatikan dengan meningkatkan kualitas lingkungan hidup, agar pembangunan berkelanjutan dapat terus terwujud di Kubu Raya dan Kalimantan Barat secara umumnya," kata Harisson.

Sementara itu, di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, dirinya akan memprioritaskan infrastruktur, sosial budaya, tetapi berkelanjutan dari segi ekonomi kedepannya.

"Tahun ini kita akan menegaskan pada tema Musrenbang yaitu infrastruktur, sosial budaya tapi berkelanjutan dari segi ekonomi itu semua proses pembangunan yang sifatnya by system dan by data akurat," tuturnya.

Ia mengatakan, bahwa Pemkab Kubu Raya akan melakukan percepatan jalan mantap di Kubu Raya secara bertahap.

"Infrastruktur sekarang tetap dengan ruas-ruas jalan poros yang sudah mantap 70,37 persen, berarti ada percepatan di Kubu Raya yang dilakukan selama ini walaupun masih ada yang belum tuntas. Tapi akan diteruskan secara bertahap dan kita harapkan dengan program dari pusat itu akan memperkuat," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Sucia Lucinda

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023