Jembatan Sungai Tebelian penghubung Desa Ulak Pauk dan Desa Langan Baru Simpang Apan Kecamatan Embaloh Hulu daerah perbatasan Indonesia-Malaysia
wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat mengalami kerusakan cukup berat, masyarakat setempat berharap perhatian pemerintah.

"Jembatan itu ibaratkan urat nadi untuk perputaran ekonomi masyarakat, kami minta pemerintah daerah melalui dinas terkait segera melakukan perbaikan," kata Kepala Desa Ulak Pauk Kecamatan Embaloh Hulu Aloysius Sukarno, dihubungi ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu sore.

Disampaikan Sukarno, jembatan itu masih menggunakan pondasi kayu, karena sering dilalui alat berat perusahaan, mobil tangki dan sejumlah kendaraan bermuatan berat.

Menurutnya, jembatan tersebut juga mengalami beberapa kali kerusakan, akan tetapi masyarakat secara mandiri memperbaiki yang sifatnya hanya sementara.

Dirinya khawatir apabila tidak segera mendapatkan perhatian serius dari pemerintah maka jembatan ambruk dan akses masyarakat terputus.

Disebutkan Sukarno, jembatan Sungai Tebelian merupakan jembatan penghubung sejumlah desa seperti Desa Langan Baru, Desa Ulak Pauk, Desa Saujung Giling Manik Kecamatan Embaloh Hulu dan Desa Belatung dan Lawik Kecamatan Embaloh Hilir.

"Kami berusaha memperbaiki sendiri selama ini secara gotong royong, bahkan baru-baru ini jembatan itu kembali mengalami kerusakan dan untuk sementara diperbaiki warga," ucapnya.

Mewakili masyarakat, Sukarno meminta agar pemerintah tanggap dengan kerusakan jembatan tersebut, dengan harapan bisa segera ditangani atau di bangun jembatan permanen.

"Jembatan tersebut adalah urat nadi kehidupan warga kami, tanpa jembatan tersebut kehidupan perekonomian warga kami lumpuh total, kami juga ingin mendapatkan perhatian," pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kapuas Hulu Muhammad Kharbi mengatakan pihaknya akan segera menurunkan tim melakukan survey lapangan terkait kondisi jembatan tersebut.

"Kami akan koordinasi dengan UPJJ, kemungkinan setelah libur lebaran tim akan turun ke lokasi jembatan rusak, untuk selanjutnya menentukan langkah penanganan," katanya.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023