Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan komitmen TNI dan pemerintah daerah dalam melestarikan semangat gotong royong sebagai budaya luhur kehidupan bermasyarakat.

"Melalui TMMD, kita harapkan sinergisitas yang semakin baik antara jajaran TNI dengan pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat dalam membangun NKRI," kata Fransiskus Diaan saat membuka TMMD Imbangan ke-166 di Desa Tanjung Mentebah Kapuas Hulu, Rabu.

TMMD ke-116 dilaksanakan di Desa Bahenap Kecamatan Kalis dan Desa Tanjung Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu dengan tema "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat".

Menurut Fransiskus, kegiatan TMMD yang dilaksanakan Kodim 1206 Putussibau akan membangun akses jalan dan jembatan yang menghubungkan Desa Bahenap dan Desa Tanjung.

Selain itu, akan dilaksanakan juga kegiatan non fisik sebagai wujud pembinaan kepada masyarakat seperti sosialisasi dan penyuluhan dari berbagai bidang baik kesehatan, hukum maupun wawasan kebangsaan.

 
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan membuka kegiatan TMMD yang ditandai dengan upacara pembukaan
di Desa Tanjung Kecamatan Mentebah wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Rabu (10/5/2023).
ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu. (Teofilusianto Timotius)




Dikatakan Fransiskus, TMMD merupakan program lintas sektoral sebagai wujud kemanunggalan TNI dan masyarakat yang menjadi satu kekuatan dan pondasi yang luar biasa untuk memajukan desa, mengangkat potensi dan kearifan lokal serta mengatasi berbagai permasalahan yang hadapi masyarakat.

Melalui TMMD menjadi karya bhakti nyata kepada masyarakat dalam menggerakkan pembangunan dan menghidupkan kembali semua sektor kehidupan yang terganggu bahkan terhenti pada masa pandemi.

"TMMD diharapkan dapat mempunyai daya ungkit yang signifikan pada masa pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19," ujarnya.

Dia berpesan kepada masyarakat di Desa Bahenap dan Desa Tanjung dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan proaktif bersinergi dengan prajurit TNI dan semua pihak baik dalam kegiatan fisik maupun non fisik.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023