Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mencatat jumlah hewan kurban pada Idul Adha 1444 Hijriah/tahun 2023 di daerah tersebut sebanyak 540 ekor.

"Untuk sementara hewan kurban ada 540 ekor, data itu akan terus bertambah karena masih ada sejumlah kecamatan yang belum melaporkan," kata Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kapuas Hulu Ahmad Syarif, di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Disampaikan Syarif, hewan kurban yang tercatat tersebut tersebar di wilayah Kapuas Hulu terdiri dari 374 ekor sapi dan 167 kambing, sehingga total jumlah hewan kurban sebanyak 540 ekor.

Dijelaskan dia, sejumlah kecamatan yang sudah melaporkan jumlah hewan kurban yaitu Kecamatan Putussibau Selatan 66 ekor, terdiri dari 46 ekor sapi dan 20 ekor kambing.

Kecamatan Putussibau Utara sebanyak 18 ekor terdiri dari 10 ekor sapi dan delapan ekor kambing, Kalis sebanyak 20 ekor terdiri dari 16 ekor sapi dan empat ekor kambing, Kecamatan Mentebah sebanyak 13 ekor terdiri dari 11 ekor sapi dan dua ekor kambing, Selimbau sebanyak 35 ekor terdiri dari 28 ekor sapi dan tujuh ekor kambing, Badau 19 ekor, terdiri dari 10 ekor sapi dan sembilan ekor kambing.

Kecamatan Batang Lupar empat ekor sapi. Kecamatan Pengkadan 60 ekor, terdiri dari 29 ekor sapi dan 31 ekor kambing. Kecamatan Silat Hilir sebanyak 28 ekor, terdiri dari sapi 19 ekor sapi dan sembilan ekor kambing.

Selanjutnya, Kecamatan Jongkong 49 ekor terdiri dari 35 ekor sapi dan 15 ekor kambing. Kecamatan Hulu Gurung 88 ekor terdiri dari 61 ekor sapi dan 27 ekor kambing. Puring Kencana satu ekor sapi dan Kecamatan Empanang dua ekor, terdiri dari satu ekor sapi dan satu ekor kambing.

Kemudian, kata Syarif, untuk Kecamatan Bika ada tujuh ekor, terdiri dari empat ekor sapi dan tiga ekor kambing. Kecamatan Semitau sebanyak 16 ekor, terdiri dari 15 ekor sapi dan satu ekor kambing. Boyan Tanjung 52 ekor terdiri dari 35 ekor sapi dan 17 ekor kambing.

Kecamatan Bunut Hulu 41 ekor, terdiri dari 32 ekor sapi dan sembilan ekor kambing. Kecamatan Embaloh Hilir lima ekor, terdiri dari empat ekor sapi dan satu ekor kambing. Kecamatan Silat Hulu depalan ekor, terdiri dari empat ekor sapu dan empat ekor kambing. Kecamatan Suhaid enam ekor sapi.

Disebutkan dia, adapun kecamatan yang belum melaporkan jumlah hewan kurban yaitu Kecamatan Embaloh Hulu, Seberuang, dan Bunut Hilir.

Syarif berharap penyaluran hewan kurban dapat tepat sasaran sesuai syariat islam.

"Kita maknai Idul Adha ini dengan keikhlasan dan pengorbanan serta bentuk kepedulian saling berbagi dengan sesama yang membutuhkan," katanya.

Dia mengajak seluruh umat Muslim di Kapuas Hulu dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama serta senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023