Ruas Jalan Nanga Manday-Nanga Embaloh, Kecamatan Embaloh Hilir daerah pinggiran di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) dibangun menggunakan instruksi presiden (inpres) dengan anggaran sebesar Rp29,1 miliar.

"Jalan itu dibangun atas kebijakan Pak Presiden melalui inpres yang diusulkan oleh Ketua Komisi V DPR RI sebagai wujud membangun Indonesia dari pinggiran," kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalbar Kementerian PUPR Handiyana, saat peluncuran pekerjaan ruas jalan di Kecamatan Embaloh Hilir, Kapuas Hulu, Senin.

Handiyana menyampaikan bahwa dana inpres untuk ruas jalan Nanga Manday-Nanga Embaloh itu atas usulan dan aspirasi pemerintah daerah melalui Ketua Komisi V DPR RI, sehingga masuk dalam prioritas kebijakan inpres.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menjelaskan Kecamatan Embaloh Hilir, satu dari 23 kecamatan di Kapuas Hulu yang belum bisa diakses melalui transportasi darat.

Dia mengatakan, pada tahun 2022 pemerintah daerah sudah menganggarkan jalan tersebut melalui Dana Alokasi Umum (DAU), akan tetapi terbentur oleh regulasi Menteri Keuangan, sementara anggaran untuk Dinas PUPR Kapuas Hulu hanya Rp60 miliar untuk infrastruktur sehingga tidak cukup untuk mengalokasikan jalan di Kecamatan Embaloh Hilir.

"Kami sempat berputus asa, karena sebetulnya jalan itu sudah lama dinantikan masyarakat, hingga akhirnya tahun ini Kapuas Hulu mendapatkan dana melalui inpres atas perjuangan Pak Lasarus," katanya pula.

Dia berpesan kepada masyarakat untuk mendukung program pembangunan yang masuk ke Kecamatan Embaloh Hilir, sebab untuk memperoleh anggaran tidaklah mudah, apalagi harus dikawal melalui Ketua Komisi V DPR RI.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengatakan tidak semua daerah dapat dana inpres untuk penanganan infrastruktur, namun Kapuas Hulu patut bersyukur ada berapa ruas jalan selain dari dana APBN juga mendapatkan perhatian melalui dana inpres.

Lasarus menyebutkan, untuk tahun ini saja Kapuas Hulu memperoleh kucuran dana Rp113 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan.

"Itulah salah satu tugas sebagai anggota DPR tidak hanya sebagai tugas anggaran, membuat undang-undang tetapi juga saya turun langsung mengawal dan melakukan pengawasan terhadap pembangunan di daerah," ujar Lasarus.

Dia berharap masyarakat bisa memahami perjuangan yang tidak mudah untuk mendatangkan pembangunan ke daerah khususnya  Kabupaten Kapuas Hulu.

Oleh sebab itu, Lasarus meminta masyarakat mendukung program pembangunan agar bisa berjalan aman dan lancar sesuai aturan berlaku.

"Semoga jalan itu kelak bermanfaat membantu masyarakat, saya minta masyarakat dukung pembangunan tersebut demi kepentingan masyarakat," kata Lasarus.
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus bersama Kepala Balai Penanganan Jalan Nasional Kalimantan Barat (Kalbar) serta Bupati Kapuas Hulu melakukan peluncuran pekerjaan pembangunan peningkatan ruas jalan Nanga Manday-Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (4/9/2023). ANTARA/Teofilusianto Timotius


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jalan Manday-Nanga Embaloh Kapuas Hulu Kalbar dibangun gunakan Inpres

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023