Komando Distrik Militer (Kodim) 1209/Bengkayang diminta untuk segera menyesuaikan diri dengan wilayah dan melakukan deteksi dini pencegahan permasalahan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

"Saya minta Kodim Bengkayang yang baru diresmikan itu segera menyesuaikan diri dengan kondisi wilayah terutama dalam mengantisipasi permasalahan menjelang Pemilu 2024," kata Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Iwan Setiawan, di Pontianak, Selasa

Disampaikan Iwan, Kodim Bengkayang merupakan kodim pemekaran yang sebelumnya bergabung dengan Kodim 1202/Singkawang.

Sehingga, seluruh prajurit yang bertugas di Kodim Bengkayang tersebut mesti segera menyesuaikan diri dengan kondisi wilayah.
 
Pangdam XII Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan meresmikan markas Kodim 1209 Bengkayang, di wilayah Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Pendam Tanjungpura. (Teofilusianto Timotius)

Untuk diketahui, markas Kodim 1209/Bengkayang diresmikan oleh Pangdam XII/Tanjungpura pada, Senin (27/11) kemarin.

Dikatakan Iwan, keberadaan Kodim Bengkayang dapat memberikan efektivitas dan memperluas jangkauan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial TNI AD dalam pemberdayaan wilayah pertahanan.

Selain itu, juga dapat membantu pemerintah daerah melaksanakan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"jika ada masalah maka harus dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan tuntas serta tidak menimbulkan dampak yang merugikan masyarakat maupun aparat sendiri," katanya.

Iwan juga mengingatkan seluruh jajarannya untuk tetap menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dia meminta agar prajurit TNI senantiasa untuk melakukan pembinaan teritorial serta mencegah persoalan di tengah masyarakat dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban di daerah terutama menyongsong Pemilu.

"Prajurit harus punya ide kreatif untuk membesarkan satuan baru. Syukuri dan nikmati yang ada dengan tulus membangun satuan kodim serta menjaga kesehatan prajurit dan keluarga," pesan Iwan.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023