Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pontianak, Kalimantan Barat, memperingatkan bahwa hujan lebat masih berpotensi terjadi di Pontianak dan Kubu Raya pada 12 Maret mendatang.
 
"Hujan dengan intensitas lebat diperkirakan akan terjadi pada 12 Maret mendatang," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio, Pontianak, Sutikno di Sungai Raya, Sabtu.
 
Diperkirakan kelembapan udara pada hari pertama puasa tersebut mencapai 100 persen dengan kecepatan angin mencapai 10 km/jam.
 
Ia juga mengatakan perkiraan cuaca untuk Sabtu (9/3), masih akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Berdasarkan pantauan satelit cuaca, terdapat awan penghujan di sebelah selatan Kalimantan Barat. Oleh karena itu, diperkirakan Pontianak dan Kubu Raya masih berpotensi hujan pada siang menjelang sore, dengan kelembapan udara 60 persen.
 
"Pontianak dan Kubu Raya diperkirakan akan turun hujan pada hari ini dengan intensitas sedang," ujarnya.
 
Ia pun menjelaskan jika cuaca hari ini diperkirakan aman karena tidak berpotensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang.
 
"Insyaallah cuaca akan aman untuk hari ini," katanya.
 
Hujan lebat yang terjadi di wilayah Pontianak dan Kubu Raya pada Jumat kemarin mengakibatkan kemacetan karena genangan air di sejumlah ruas jalan, hingga penerbangan dari Jakarta-Pontianak terpaksa dialihkan ke Batam.
 
Terpantau dari laman BMKG, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Jumat 8 Maret 2024 terjadi hujan lebat dengan kecepatan angin 10 km/jam dan kelembapan udara 60 persen. Pada pukul 14.50 WIB, terjadi hujan deras di wilayah Kota Pontianak, Kubu Raya dan Kayong Utara.






 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024