Warga Kota Pontianak dan sekitarnya mulai berburu baju Muslim untuk lebaran Idul Fitri 1445 H seperti terpantau di sejumlah pasar tradisional yang selalu menjadi tujuan di antaranya Pasar Tengah dan Sudirman.

"Setiap bulan suci Ramadhan para pengunjung antusias membeli busana Muslim seperti gamis dan baju koko, serta perlengkapan shalat seperti mukena dan sajadah," ujar salah satu penjual baju di Pasar Tengah, Ayu di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa mendekati akhir Ramadhan dipastikan pengunjung semakin bertambah ramai. Namun saat ini sudah ada juga mulai berburu karena ada yang tidak mau berdesakan jika mendekati lebaran.

"Untuk awal Ramadhan ini masih belum terlalu ramai akan tetapi jika sudah mendekati Hari Lebaran akan sangat ramai Pengunjung di Pasar Tengah. Kami berharap untuk Ramadhan kali ini akan semakin ramai pengunjung yang datang untuk membeli, mengingat sekarang sudah gencar penjualan online," jelas dia.

Pasar Sudirman juga mengalami situasi serupa, di mana pengunjung baru diperkirakan mulai pertengahan Ramadhan akan lebih ramai.

"Pengunjung kalau menjelang Hari Lebaran baru ramai orang untuk membeli baju Muslim seperti gamis, baju koko atau baju untuk anak-anaknya," ujar penjual baju Muslim, Shelin di Pasar Sudirman.

Ia menyatakan akan terjadi lonjakan kunjungan saat menjelang Hari Lebaran seperti di tahun-tahun sebelumnya.

"Semoga tahun ini ramai pembeli secara langsung meskipun kita bersaing dengan penjualan secara online," kata dia.

Secara keseluruhan, terlihat bahwa masyarakat Pontianak memiliki antusiasme yang tinggi dalam berburu busana Muslim di awal Ramadhan.
 
Perkembangan teknologi juga turut mempengaruhi pola belanja masyarakat, dengan banyaknya yang beralih ke belanja online untuk memenuhi kebutuhan mereka selama bulan suci ini.
 

Pewarta: Dedi dan Kurnia

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024