Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mengatakan, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 untuk pemilihan Presiden di Kabupaten Kubu Raya, mencapai 85,20 persen dan melebihi target nasional 79,5 persen.
 
"Tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Kubu Raya pada Pemilu Presiden melebihi 85 persen," ujar Anggota KPU Kabupaten Kubu Raya, Syaiful Maulana di Sungai Raya, Selasa.
 
Target tingkat partisipasi pemilih yang dipatok oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pemerintah dalam Target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yakni 79,5 persen.
 
Selain Pemilu Presiden, Pemilu Lesgislatif juga memiliki persentase yang cukup tinggi, yakni DPR 84,98 persen, DPD 85,04 persen, DPRD Provinsi 84,80 persen dan DPRD Kabupaten Kubu Raya 84,72 persen.
 
Menurutnya, tingginya jumlah partisipasi masyarakat ini dikarenakan KPU Kubu Raya giat menggalakan sosialisasi dan edukasi politik, baik secara tatap muka maupun melalui media sosial.
 
Ia pun menyampaikan jika sosialisasi juga dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara, dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dengan langsung turun ke masyarakat.
 
"Sosialisasi tidak hanya kami yang melakukannya, teman-teman PPK, PPS, KPPS di tingkat bawah juga melakukan sosialisasi. Misalnya kami minta mereka dalam setiap pekan, di tempat ibadah menyampaikan berkaitan dengan waktu pemungutan dan perhitungan suara," ucap Syaiful.
 
Pada Pemilu 2024 lalu, pihaknya bersama dengan Kesbangpol dan Bawaslu Kubu Raya juga menyusuri tiap sekolah untuk memberikan edukasi maupun sosialisasi terkait dengan Pemilu.
 
"Kami bergandengan dengan Kesbangpol, Bawaslu Kubu Raya dan KPU Kubu Raya menyusuri sekolah, itu menjadi satu di antara strategi untuk menyentuh masyarakat dengan tatap muka langsung," katanya.

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024