Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak, Kalimantan Barat memusatkan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah berjamaah di Ruas Jalan Rahadi depan Taman Alun Kapuas.

“Mudah-mudahan berjalan sesuai harapan tidak ada kendala, cuaca bagus dan tidak panas, kami mengajak masyarakat untuk dapat melaksanakan Shalat Id,” ujar Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan Muhajirin Yamis ditunjuk menjadi khatib pada pelaksanaan Shalat Id 1445 H di depan Taman Alun Kapuas, sedangkan bertindak selaku imam, Abdul Hakim.

Ani mengatakan tanggal pasti Shalat Id akan menunggu hasil sidang isbat oleh pemerintah pusat.

“Sudah menjadi rutinitas tahun ke tahun umat Muslim Shalat Id di ruas Jalan Rahadi Usman sebab sepanjang kawasan ini bisa menampung banyak jamaah yang ingin melaksanakan Shalat Id di lapangan terbuka,” ujarnya.

Rencananya, Shalat Id mulai pukul 07.00 WIB, sedangkan agar pelaksanaan berjalan tertib dan lancar, jamaah diharapkan hadir lebih awal untuk mengisi saf-saf yang masih kosong.

Ia juga mengimbau jamaah Shalat Id untuk tidak meninggalkan sampah di lapangan, seperti kertas koran yang dijadikan alas untuk shalat.

"Kami minta sampah-sampah kertas koran tersebut dibawa pulang oleh masing-masing jamaah sehingga tidak menimbulkan sampah di lapangan," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024