Berita Terkait
Pontianak (ANTARA Kalbar) - DPRD Kabupaten Kapuas Hulu mengharapkan setiap dinas yang ada di kabupaten itu bisa lebih kreatif dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dengan memanfaatkan berbagai sektor produktif.

"Kita harapkan Pemkab bisa mempercepat pembangunan melalui pemanfaatan sektor produktif dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Karena, untuk kemajuan Kabupaten Kapuas Hulu perlu adanya fokus dan perhatian pada sektor-sektor produktif yang dibidangi oleh instansi pemerintah daerah," kata Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Ade M Zulkifli , Rabu.

Menurutnya, dengan fokus pada instansi yang produktif tersebut akan berujung pada peningkatan pendapatan asli dan kemajuan daerah pada sektor tersebut.

"Yang saya lihat, tidak semua instansi pemerintahan itu produktif. Untuk memajukan daerah ini tentu kita harus fokus dan lebih memperhatikan instansi yang produktif tersebut, namun bukan berarti menganaktirikan instansi yang lainnya," katanya.

Ia menambahkan, upaya yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah adalah dinas atau instansi yang produktif tersebut diprioritaskan melalui APBD.

"Kita harus sasarkan, dimana kecamatan yang berpotensi seperti pertanian, maka terus kita genjot, sehingga bisa swasembada. Jangan semua wilayah dianggarkan sama, namun tidak memiliki kontribusi untuk daerah. Dan jangan pula wilayah berpotensi di bidang perkebunan, malah dibantu perikanan," ujar politisi Partai Golkar itu.

Ade menuturkan, terkait pendanaan APBD dan majunya daerah, sangat erat kaitannya dengan instansi pengelola dana tersebut. Ia yakin, dengan aliran dana yang tepat dari instansi terkait tentu akan berdampak pada perkembangan pada sektor yang dibidanginya.

(pso-171)

Editor: Zaenal Abidin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar