Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu akan memaksimalkan hasil olahan ikan dari masyarakat setempat sebagai potensi kuliner bagi kabupaten tersebut agar bisa menembus pasar ekspor.

"Kedekatan Kabupaten Kapuas Hulu dengan negara Malaysia mengakibatkan kita bisa memaksimalkan potensi perikanan yang ada untuk menembus pangsa pasar ekspor," kata Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koprasi, Riduan, Jumat.

Menurutnya, kekayaan ikan air tawar yang dimiliki Kabupaten Kapuas Hulu turut mendorong dunia pemasaran dengan hasil olahan ikannya. Berbagai hasil olahan ikan seperti ikan asin, kerupuk kemasan dan kerupuk basah mendominasi pemasaran di Kabupaten Kapuas Hulu. Namun sayang produk-produk olahan itu belum memiliki kemasan yang baik.

"Siklus pemasaran hasil olahan ikan ini dimulai dari pengusaha ikan asin yang kemudian masuk ke pedagang umum selanjutnya keluar kota. Dalam pemasarannya selama ini menunjukan adanya perkembangan," tuturnya.

Riduan menambahkan kebanyakan hasil olahan ikan yang digeluti oleh masyarakat laku di pasaran luar Kabupaten Kapuas Hulu. Kebanyakan hasil olahan ikan di pasarkan ke berbagai daerah di Kalbar, termasuk Kota Pontianak.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012