Pontianak (ANTARA Kalbar) - Perwakilan Badan Kependudukan dan KB Nasional Provinsi Kalimantan Barat melatih kader penggerak desa Kabupaten Kubu Raya untuk ikut mensosialisasikan Program KB.

Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, Muslimat di Pontianak, Senin, mengatakan, tenaga penyuluh lapangan keluarga berencana memegang peranan penting dalam merealisasikan berbagai target di bidang kependudukan dan KB.

"Sedangkan di Kubu Raya, sangat minim tenaga penyuluh lapangan keluarga berencana. Ini dapat menghambat program komunikasi, informasi dan edukasi," kata Muslimat.

Menurut dia, hal itu disebabkan tenaga penyuluh lapangan keluarga berencana yang selama ini telah direkrut dan dibina telah alih tugas menjadi tenaga struktural di sejumlah satuan kerja perangkat daerah di jajaran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

Muslimat berharap, kader penggerak desa yang telah direkrut oleh Pemkab Kubu Raya ini nantinya dapat diberdayakan menjadi tenaga penyuluh lapangan program keluarga berencana.

"Apalagi jika melihat para kader penggerak desa yang mayoritas adalah generasi muda ini, diharapkan akan mendukung lebih luasnya jangkauan penyuluhan maupun kecepatan mobilitas mereka dalam mendatangi masyarakat," ujar Muslimat.

Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar melakukan pelatihan selama tiga hari dan diikuti 60 kader penggerak desa se-Kabupaten Kubu Raya.

(T011)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012