Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengharapkan setiap guru yang ada di kabupaten itu bisa menjadi agen perubahan bagi peserta didik untuk mewujudkan Kubu Raya yang lebih baik ke depan.

"Peran guru tidak hanya dituntut harus mampu sebagai `agent of learning, tetapi juga harus mampu memerankan dirinya sebagai agent of change (perubahan) bagi peserta didik. Karenanya seorang guru diharapkan dapat menjadi seorang pendidik yang tidak hanya sebatas mengajar, tetapi juga harus mampu memotivasi siswanya," kata Muda dalam kegiatan Peringatan Hari Guru Nasional, di Sungai Raya, Senin.

Sebagai Bupati, dia mengharapkan guru-guru di Kabupaten Kubu Raya mampu memberikan motivasi dan mengajak siswanya untuk lebih kreatif. Karena, dia berpendapat, peran seorang guru bukan hanya mengajar tetapi mampu menginspirasikan berbagai hal, sehingga terciptanya guru-guru yang fokus.

Menurutnya, para guru diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan dapat memanfaatkannya menjadi penggerak kuat para siswa untuk meraih prestasi yang diharapkan.

"Oleh karena itu, Guru yang profesional harus menyadari bahwa dirinya harus berperan sebagai motivator, yang bertugas memberikan inspirasi atau dorongan supaya proses pembelajaran lebih menyenangkan. Yang lebih pentingnya seorang guru harus menolong siswanya supaya memiliki hasrat untuk belajar," tuturnya.

Muda menambahkan, jika hal tersebut sudah dilakukan oleh para guru, maka siswa akan lebih mudah memahaminya. Hal itu dapat dilakukan dengan cara membangkitkan motivasi siswa juga akan terlahir para generasi-generasi muda yang berfikir secara produktif.

Dia juga menilai, bahwa anak-anak tingkat pelajar saat ini belum mampu mengimbangi perkembangan zaman. Maka untuk itu, sebagai seorang guru harus mampu mendidik anak-anaknya menjadi anak yang kokoh dan unggul untuk di masa yang akan datang.

"Perkembangan zaman saat ini sangat pesat, dan saya rasa anak-anak pelajar belum mampu mengikuti perkembangan itu. Maka guru harus lebih proaktif membimbing dan mendidik anak-anaknya ke dalam ranah yang positif, itu semua harus dilakukan agar ke depan terlahir para generasi muda yang berpikiran produktif dan berpikir positif," kata Muda.
 
(pso-171)



 

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012