Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya mengharapkan siswa peserta Ujian Nasional (UN) Tahun 2014 dapat lulus semua atau seratus persen.

"Kita doakan anak-anak kita peserta UN ini bisa lulus 100 persen," kata Christiandy Sanjaya di Pontianak, Rabu.

Menurut dia, selama pelaksanaan ujian, segala kendala harus dievaluasi bersama demi pelaksanaan tahun depan.

"Supaya pada tahun depan, lebih baik lagi pelaksanaannya," ujar dia.

Ia melanjutkan, selama pelaksanaan, di Kalbar relatif dalam kondisi aman. "Seperti berita di beberapa provinsi terjadi kendala, mudah-mudahan di Kalbar tidak terjadi," kata Christiandy Sanjaya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar Alexius Akim menyatakan, kendala dalam pelaksanaan UN pasti ada namun tidak fatal.

Seperti tertukar atau lembar soal kurang sedikit. "Itu biasa, masih aman. Tapi kalau isu jawaban bocor dan sebagainya itu tidak ada, sampai hari ini saya tidak mendapat laporan itu, secara umum berjalan aman, tertib terkendali," kata dia.

Ia menambahkan, bagi yang tidak mengikuti UN itu kesalahan siswa yang bersangkutan. "Sudah terdaftar, dari daftar peserta UN sementara ada, peserta tetap sudah, tapi tetap yang bersangkutan tidak ikut," kata Akim.

Menurut dia, hal itu menunjukkan kelalaian siswa karena pemerintah sudah berusaha menjemput ke sekolah. "Ujian susulan itu tergantung sekolah. Harusnya mereka mengikuti," kata dia.

Siswa yang tidak mengikuti ujian masih mempunyai satu kesempatan yaitu ujian susulan, seminggu setelah ujian nasional pada tanggal 22 April.

Mengenai soal ujian yang dirasa sulit, ia menilai karena siswa kurang persiapan. "Tujuan meningkatkan kesulitan soal itu ingin mencapai mutu. Semakin meningkat mutu soal memang semakin sulit," kata dia.

Ia menargetkan lulus 100 persen. "Tapi tidak mungkin 100, tetap diatas 90 persen. Tahun lalu kelulusan 96 persen, hampir 97 persen," ujar dia.

Christiandy Sanjaya dan Alexius Akim memantau perkembangan Ujian Nasional (UN) pada hari terakhir di sejumlah sekolah di Pontianak. Diantaranya SMA Negeri 04 Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 di Jalan Ahmad Yani Pontianak.

(T011/Z002)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014