Sungai Raya (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus, Kamis, meninjau langsung Ujian Nasional tingkat SMP/MTs di Kabupaten Kubu Raya dan memastikan pelaksanaannya berjalan lancar.

Kunjungan dilakukan di SMP 2 dan SMP 4 Panca Roba Kecamatan Sungai Ambawang, memasuki hari terakhir guna memastikan kelancaran UN tersebut.

"Kita berharap agar lulusan tingkat SMP tahun ini dapat mengalami Peningkatan. Kita lakukan kunjungan sekaligus memantau kegiatan UN di sekolah-sekolah SMP/MTs di Kubu Raya," katanya.

Wakil bupati itu mengatakan ingin memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Di samping itu juga mengharapkan kehadiran pihaknya juga sekaligus menyemangati pelajar yang sedang ujian itu.

Hermanus juga mengatakan di samping melakukan pemantauan langsung kegiatan UN SMP/MTs di Kubu Raya, dia juga ingin melihat langsung kebutuhan-kebutuhan di sekolah-sekolah SMP/MTs tersebut. Untuk dilakukan pembenahan dan perbaikan sesuai dengan kebutuhan pendidikan di Kabupaten Kubu Raya.

Sebelumnya, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, beserta jajaran Dinas Pendidikan Kubu Raya juga telah melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP di kecamatan Sungai Raya.

"Alhamdulillah kita pastikan tidak ada kendala dalam pelaksanaan UN, semua berjalan lancar," kata Rusman Ali usai melakukan peninjauan di dua sekolah yakni SMPN 3 dan SMPN 1 Sungai Raya.

Rusman menegaskan, tahun ini dirinya bersama wakil Bupati sudah berkomitmen akan memberikan beasiswa kepada dua orang siswa yang memperoleh nilai tertinggi di masing-masing kecamatan.

"Kalau untuk SMP berarti akan kita biayai hingga tamat SMA," katanya.

Ia berharap, tingkat kelulusan di SMP se Kubu Raya bisa memberikan hasil maksimal.

Sementara itu, Plt. Kadis Pendidikan, Anuardi menuturkan untuk tahun ini Dinas Pendidikan menargetkan tidak terlalu muluk terkait hasil kelulusan tingkat SMP.

"Kalau tahun lalu kita masuk dalam enam besar, mudah-mudahan tahun ini peringkat tiga besar bisa kita raih," tuturnya.

Meski tahun lalu Kubu Raya masih menduduki posisi enam besar, Anuarni menjelaskan secara keseluruhan nilai rata-rata di atas rata-rata nasional. "Misalkan rata-rata nasional nilai kelulusan 7.00, namun rata-rata di Kubu Raya 7.10," katanya.

Untuk tahun ini, Anuardi menjelaskan ada 7815 siswa yang ikut UN dari 189 sekolah baik negeri maupun swasta.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014