Pontianak  (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Cristiandy Sanjaya mendorong UMKM di daerah setempat untuk memanfaatkan akses dan kemudahan yang disediakan pemerintah dalam menunjang usaha.

"Pemerintah sekarang sudah sangat konsen untuk mendorong, mendukung dan memotivasi pelaku UMKM dengan kebijakan pro mereka. Oleh karena itu manfaatkan kebijakan yang sudah ada," ucapnya di Pontianak, Sabtu.

Dijelaskan berdasarkan infromasi yang ia peroleh bahwa kendala pelaku UMKM selama ini dalam hal informasi dan akses lainnya. Padahal kebijakan pemerintah saat ini sangat berkomitmen dan mendukung penuh pelaku usaha.

"Saya mencontohkan soal Kredit Usaha Rakyat yang hanya 9 persen bunganya pertahun untuk UKM. Namun masih banyak yang belum tahun dan memanfaatkan kemudahan yang ada," katanya.

Ia berhara agar ke depan, sesama pelaku UMKM saling berbagi informasi dan juga manfaatkan program pemerintah yang gunakan memudahkan untuk pengembangan usaha.

Terkait Expo Nusantar ia mengapresiasi penyelenggara dan peserta Expo. Menurutnya kegiatan yang berlansung hingga tahun ke-15 itu merupakan ajang yang tepat untuk promosi produk.

Ditambahkanya pula, terpenting lagi, di expo sangat membantu untuk saling berbagi informasi terutama sesama pelaku UMKM atau peserta.

"Ini tepat untuk ajang berbagi informasi bagi pelaku UMKM atau peserta ekspo. Baik itu soal produk yang dihasilakn dan permodalan," tuturnya.

Christiandy juga mendorong masyarakat, untuk terus mencintai produk dalam negeri terutama produk UMKM. Menurutnya jika masyarakat membeli produknya yang dihasilan UMKM, maka juga turut membentu pelaku usaha dan membantu perekonomian Indonesia.

"Saatnya cinta produk dalam negeri. Kalau bukan kita siapa lagi," katanya


(U.KR-RDO/M019)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016