Pontianak (Antara Kalbar) - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat menggelar pasar tani untuk membantu masyarakat mendapatkan produk pangan dengan harga murah.

"Sengaja kita lakukan pasar tani ini untuk membantu masyarakat mendapatkan harga yang murah. Terpenting lagi bagaimana ini bisa menekan harga di pasar yang masih tinggi sebab produk yang dijual di bawah harga pasar," ujar Kepala Seksi Kelembagaan dan Pemasaran Hasil Pertanian Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikulura Kalbar, Doni Saiful Bahrim di Pontianak, Kamis.

Doni menjelaskan, pasar tani tersebut didukung kerja sama dari pasar tani Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya yang juga merupakan binaan pihaknya yang bertindak sebagai penyuplai di pasar kali ini.



"Satu hari ini kita akan menjual berbagai produk hasil petani lokal kita di Kalbar," jelasnya.

Produk yang dijual di pasar tani yakni beras merah asal Kabupaten Sambas dan penanamannya teknik Hazton dengan stok dua ton yang dijual Rp9 ribu per kilogram.

Sedangkan jika di pasar harga beras tersebut mencapai Rp15 ribu per kg. Kemudian ada gula pasir jika dijual Rp12 ribu per kg, di bawah harga pasar Rp15 ribu.

"Bawang merah juga ada kita hanya jual Rp25 ribu per kg, kalau di pasar biasa ada yang mencapai Rp45 ribu. Kita juga ada jual aneka sayur, cabe serta produk dari UPT Terminal Agrobisnis terpadu," katanya.



Doni juga mengatakan pada tanggal 27 Juni 2016 pihaknya bekerjasama dengan Tim PKK Provinsi Kalbar akan menggelar Pasar Murah di Kabupaten Landak.

"Semua barang dari hari ini dan nanti di Landak adalah produk lokal atau tanaman pangan kita. Apa yang kita lakukan ini semoga memberikan manfaat kepada masyarakat Kalbar," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016