Pontianak (Antara Kalbar) - Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Barat, Guntur mendorong perusahaan tambang di Kalbar, salah satunya yang berlokasi di Kendawangan, Kabupaten Ketapang, PT Well Harvest Winning Alumina Refinery untuk secara perlahan mengurangi penggunaan tenaga kerja asing.
"Pengurangan secara perlahan TKA itu adalah rekomendasi kita kepada WHW saat kita melakukan kunjungan kerja beberapa hari lalu," ujarnya di Pontianak, Rabu.
Guntur menambahkan pihaknya mengapresiasi WHW itu sendiri karena hingga kini sekitar 82 persen tenaga kerja yang berada di WHW merupakan tenaga kerja lokal.
"Kita menilai investasi dari WHW positif karena dengan membangun dermaga saja itu sudah otomatis pajak masuk ke daerah," tuturnya.
Ia mengatakan mempekerjakan TKA oleh perusahaan di awal operasional atau saat pendirian perusahaan tidak terlalu masalah. Namun menurutnya jika sudah berjalan, alih tenaga kerja sudah seharusnya dilakukan.
"Alih tenaga dari TKA menjadi pekerja lokal itu dalam rangka bagaimana manfaat besar hadirnya perusahaan itu ada. Kita melihat SDM kita kita juga potensial," katanya.
Ia berharap kepada putra-putri terbaik Kalbar yang memiliki kompetisi di bidang pertambangan, ikut bersaing memaksimalkan keahlian yang ada termasuk bergabung di WHW.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016