Mempawah (Antara Kalbar) - PSSI Mempawah terus melakukan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat melalui olahraga, khususnya sepakbola secara salah satunya di lapangan Karang Taruna Tunas Baru,Jalan Siliwangi, Kecamatan Sugai Pinyuh.

"Melalui turnamen Open Club Desa Galang dan Desa Rasau, semua klub yang mengikuti kompetisi ini diharapkan melahirkan tim dan pesepakbola yang berkualitas, yang dapat mengharumkan nama daerah hingga ke tingkat provinsi maupun nasional," kata Panitia penyelenggara, Abdul Holik.

Abdul Holik mengatakan turnamen sepakbola antarklub yang diprakarsai dua desa, yakni Desa Galang dan Desa Rasau itu akan berlangsung selama satu bulan kedepan. Selain memperebutkan trophi dan uang pembinaan ketua PSSI Mempawah.

Diharapkan dunia sepakbola di pedesaan, kabupaten akan semakin baik dan berkualitas apalagi jika di dukung semua pihak. "Dukungan PSSI, pemkab, muspika tentu kita harapkan, termasuk masyarakat disini, jangan ada kegaduhan. Semua harus turut menyukseskan turnamen ini," ujarnya.

Kompetisi sepakbola sistim gugur itu antara lain diikuti 50 klub dari berbagai kabupaten/kota. Dibagi atas pool A dan pool B masing-masing pool terdiri dari 25 klub.

Adapun klub-klub yang mengikuti kompetisi sepakbola itu diantaranya berasal dari kabupaten Landak, Kota Pontianak dan berbagai kecamatan di Kabupaten Mempawah.

Antusiasme berbagai klub mengikuti turnamen sepakbola itu diapresiasi unsur muspika Sungai Pinyuh. "Saya kira antusiasme dan partisipasi masyarakat sangat baik. Kami muspika tentu mengapresiasi Turnamen Sepakbola Open Cup Desa Galang Sungai Pinyuh. Kita berharap kelangsungan turnamen ini berjalan lancar tanpa kendala dan masalah," kata Camat Sungai Pinyuh Rohmat Effendi.

Sementara, Ketua PSSI Mempawah Rahmad Satria meminta semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak dalam kompetisi sepakbola itu untuk menjaga kekompakan dimasyarakat, baik desa Galang maupun desa Rasau.

Ia berharap kekompakan tersebut turut didukung manager,  oficial tim,  para pemain dan penonton untuk menjunjung sportifitas pertandingan yang berkualitas dan fair play.

"Kita minta para pemain untuk tunduk dan patuh terhadap keputusan wasit yang memimpin pertandingan. Semangat persatuan dan kesaruan dalam sepakbola harus digelorakan. Nasionalisme cinta tanah air, persatuan dan kesatuan lebih utama membangun sportifitas sekaligus membagun karakter anak bangsa. Kalah menang dalam sepakbola adalah hal biasa. Yang terpenting junjung tinggi sportifitas dan fair play " kata Rahmad Satria.

Dalam laga pembuka kompetisi sepakbola Open Club itu, panitia penyelenggara memainkan partai kesebelasan AFC Galang vs Palembang Putra FC dengan skor akhir 2-0 untuk kemenangan AFC Galang. Gol dicetak Taufik nomor punggung 18 meniy ke-9 dibabak pertama dan gol kedua dicetak Yudi nomor punggung 9 menit ke-49.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016