Pontianak  (Antara Kalbar) - Kota Pontianak, dianugerahi penghargaan Natamukti Satria dari International Council for Small Business (ICSB), kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo.

"Penghargaan itu diberikan karena Pontianak dinilai berhasil mempromosikan kearifan lokal dan menciptakan investasi UMKM di daerah masing-masing," kata Haryadi S Triwibowo di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, Kota Pontianak meraih kategori terbaik dalam investasi UMKM bersama 12 kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Piagam penghargaan tersebut diberikan pada acara ICSB Indonesia City Award di Hotel Harris Sunset Road, Bali, Selasa (29/11).

Haryadi menyatakan, UMKM merupakan sektor yang penting dan besar kontribusinya dalam mewujudkan sasaran-sasaran pembangunan ekonomi nasional, seperti pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja, peningkatan devisa negara, dan pembangunan ekonomi daerah.

"UMKM diharapkan mempunyai kemampuan untuk ikut memacu pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak," katanya.

UMKM dan koperasi adalah dua sektor penopang perekonomian negara. Bahkan dalam kondisi perekonomian yang tidak menguntungkan, UMKM dan koperasi tampil untuk menyelamatkan perekonomian.

"Untuk mendorong pertumbuhan UMKM, Pemkot Pontianak punya satu inovasi yang tidak dilakukan oleh daerah lainnya di seluruh Indonesia. Inovasinya, dengan memberikan kemudahan bagi para UMKM untuk mengantongi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) tanpa perlu mengurus persyaratan administrasi sepanjang memiliki Surat Penunjukkan Tempat Usaha (SPTU)," katanya.

Sasarannya, yakni kepada para pelaku UMKM di tujuh pasar tradisional yang sebelumnya sudah mengantongi SPTU. Saat ini, tercatat lebih dari 4.000 IUMK yang sudah diterbitkan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Pontianak.

"SPTU-SPTU itu kita konversikan menjadi IUMK tanpa perlu mengurus persyaratan administrasi lainnya," ujarnya.

Sementara itu, President ICSB Hermawan Kertajaya mengatakan, dengan adanya penghargaan ICSB itu, diharapkan dapat memotivasi para kepala daerah agar lebih memperhatikan UMKM di daerahnya.

"Natamukti yang dalam sanskerta berarti pemimpin yang mulia diharapkan dapat memotivasi para kepala daerah untuk lebih memperhatikan UMKM di daerahnya," katanya.

***3***

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016