Pontianak (Antaranews Kalbar) - Untuk mencegah berita hoax, Komunitas Peduli Informasi (Kopi) Kalbar menggelar pelatihan bagi jurnalis.

"Kita akui media massa memiliki peran penting dalam bangsa ini. Dengan peran itu kita ingin melalui kegiatan pelatihan ini jurnalis dari berbagai media tersebut menjadi agen penangkal hoax," ujar perwakilan Kopi Kalbar, Ainul Yakin di Pontianak, Sabtu.

Ia mengatakan, saat ini dengan mudahnya akses informasi memberi ruang kepada siapapun untuk menyebarkan informasi tersebut termasuk berita hoax.

"Saat ini mayoritas orang memiliki media sosial. Melalui media sosial tersebut bisa saja digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada jurnalis ada yang mengutip informasi dari media sosial yang belum tentu kebenarannya dan itu harus menjadi perhatian," kata dia.

Dengan fenomena kekinian tersebut ia berharap jurnalis yang ada di Kalbar untuk terus mengajak kepada masyarakat bersama menangkal berita bohong.

"Apalagi saat ini di Kalbar menghadapi Pilkada. Dalam pesta demokrasi tersebut berdasarkan pengalaman - pengalaman yang ada bahwa isu hoax sangat banyak dilakukan demi memenangkan calon yang dijagokan tim," katanya.

Dalam pelatihan jurnalistik, Kopi Kalbar menghadirkan berbagai jurnalis dari berbagai perwakilan daerah yang ada di Kalbar.


Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018