Pontianak (Antaranews Kalbar) - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Karolin Margret Natasa menyatakan dirinya bersama calon Wakil Gubernur Kalbar, Suryatman Gidot siap untuk mewujdukan SMA/SMK unggulan di provinsi itu.

"Ini menjadi komitmen kami berdua untuk meningkatkan kualitas SDM kita yang memiliki daya saing serta mampu membawa perubahan bagi Kalbar ke depan," kata Karolin di Sintang, Selasa.

Dia menjelaskan, sekolah unggulan dipandang sebagai salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus kualitas SDM.

Sekolah unggulan diharapkan melahirkan manusia-manusia unggul yang amat berguna untuk membangun negeri.

Baca juga: Karolin siap jaga keharmonisan antarumat beragama

"Tidak dapat dipungkiri setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi manusia unggul. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah unggulan yang kita meningkat pada setiap tahun ajaran baru," tuturnya.

Menurutnya, apabila karakter unggul ini menjadi budaya sekolah, maka pada gilirannya mampu mengontruksi mentalitas komunitas sekolah untuk bekerja keras, disiplin, profesional, akuntabel, dan mandiri.

Konstruksi mentalitas unggul seperti ini selaras dengan nafas otonomi dan kebijakan desentrasi pendidikan yang memberi peluang kepada para pengelola sekolah untuk melakukan inovasi guna memberdayakan diri dan komunitasnya secara kreatif dan dinamis sesuai dengan kondisi dan nilai-nilai lokal, nasional, dan perkembangan global.

Baca juga: Karolin-Gidot siapkan kartu sakti untuk petani

"Terobosan dan inovasi ini diperlukan untuk menanggapi kebutuhan peserta didik sekolah yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa," kata Karolin.

Terkait hal itu, mantan angota DPR itu mengatakan, ke depan, pihaknya akan membuat sekolah unggulan di setiap kabupaten untuk meningkatkan daya saing dan kualitas dari pelajar yang ada di Kalbar.

"Kita tidak membangun sekolah baru, namun kita akan menunjuk sekolah yang sudah ada yang memenuhi syarat untuk menjadi sekolah unggulan di setiap kabupaten," kata Karolin.

Baca juga: Karolin-Gidot siapkan kartu jala untuk nelayan

Dia berharap, dengan adanya sekolah unggulan ini, ke depan akan terjaring siswa unggulan dari setiap kabupaten/kota sehingga mereka bisa bersaing dengan siswa luar atau dari perkotaan.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018