Putussibau (Antaranews Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia meresmikan Rumah Pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat di Putussibau, Selasa.

Ketua KPU Kapuas Hulu, Lisma Roliza mengatakan rumah pintar pemilu itu tujuannya untuk melayani masyarakat untuk mendapatkan iinformasi dan menambah wawasan yang berkaitan dengan pemilu.

"Siapa pun yang datang ingin mendapatkan informasi berkaitan dengan Pemilu akan kami layanani dengan fasilitas yang tersedia, khususnya untuk pemilih pemula," jelas Lisma.

Baca juga: Singkawang Miliki Rumah Pintar Pemilu

Komisioner KPU Provinsi Kalbar, Teresia mengatakan rumah pintar dilengkapi fasilitas yang dapat memberikan pemahaman terutama untuk pemilih pemula, dengan harapan partisipasi masyarakat meningkat.

" Semua informasi yang berkaitan dengan Pemilu ada di rumah pintar, kita berharap partisipasi pemilih meningkat dan masyarakat harus tahu pentingnya Pemilu," pintanya.

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Veryan mengatakan rumah pintar di Indonesia terdapat di 34 provinsi dan di 296 kabupaten/kota.

Baca juga: Mempawah Miliki Rumah Pintar KPU

Rumah pintar pemilu, kata Veryan sangat penting menjadi media informasi, klarifikasi dan membuka wawasan.

" Pemilu sudah dilakukan berkali - kali, namun belum berjalan sesuai harapan jadi perlunya pemahaman untuk meningkatkan partisipasi masyarakat," kata Veryan.

Menurut dia, munculnya politik hitam, berita hoax serta sejumlah peristiwa di Indonesia menganggu pelaksanaan Pikada.

" Rumah pintar pemilu menjadi tempat belajar agar kualitas Pilkada dan Pemilu lebih meningkat," ucap Veryan.

Baca juga: KPU KKU Resmikan Rumah Pintar Pemilu

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018