Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) Kota Singkawang, Kalimantan Barat, akan menggelar pameran buku  pada 16-21 Juli 2019, di mana kegiatan tersebut akan dilaksanakan di halaman Mess Daerah, Jalan Merdeka Singkawang.

"Tujuan kegiatan ini meningkatkan minat baca dan menjadikan masyarakat Kota Singkawang cinta buku. Menjadikan buku dan membaca sebagai salah satu kebutuhan pokok utama di samping kebutuhan pokok lainnya," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang, Darnila, di Singkawang, Jumat.

Dalam kegiatan yang bertemakan "Singkawang Membaca Menuju Singkawang Hebat 2022" ini, pihaknya telah mengundang sekitar 30 penerbit buku yang ada, termasuk dari luar Kota Singkawang.

Baca juga: Dinas Arsip tergetkan setiap desa miliki perpustakaan

Nantinya para penerbit buku tersebut akan menjual buku yang tentu saja sesuai dengan kebutuhan baca bagi masyarakat. "Seperti bidang pendidikan, kesehatan, buku anak, teknologi, sastra/budaya, busana, agama, hingga motivasi dan pelajaran," katanya.

Selain itu, kata Darnila, dalam pameran buku tersebut juga dirangkai dengan agenda lainnya seperti bedah buku, pentas kreatifitas, mendongeng 1000 anak, peragaan busana, lomba mewarnai, lomba swafoto SBF 2019, lomba melukis bertema buku, lomba musikalisasi puisi, dan pameran foto Singkawang Tempoe Doeloe.
"Acara ini juga didukung oleh TP PKK Kota Singkawang, Kampung Dongeng, Komunitas Singkawang Membaca, Komunitas Penulis Singkawang," katanya.

Baca juga: ANRI serahkan E-Arsip kepada Pemprov Kalbar

Dengan dilakukannya kegiatan ini pihaknya ingin pameran buku sebagai salah satu upaya Pemkot Singkawang dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Singkawang meningkatkan budaya membaca menuju Singkawang Hebat 2022, demikian Darnila.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019