Politis Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga merupakan anggota DPRD Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan selama ini TNI selalu bersama rakyat karena dari sejarah memang TNI lahir dari rakyat.

“TNI lahir dari rakyat dan bersama rakyat. Rakyat berjuang bersama TNI, TNI berjuang bersama rakyat itulah sejarah yang berjalan selama perkembangan Indonesia,” ujarnya di Pontianak, Kamis.

Ia menyebutkan bahwa sejak reformasi 1998,TNI tidak seperti dulu dimana lini kepemimpinan politik adanya TNI aktif. Sekarang tidak lagi, sangat membatasi diri lebih kepada memajukan kemampuan SDM dan memberikan contoh sikap bagaimana tetap dengan rakyat.

Baca juga: TNI miliki andil sukseskan Upsus Pajale
 

“Saya sangat yakin teritorial Indonesia sangat dikuasai oleh TNI, termasuk kecepatan untuk menyelesaikan situasi apabila adanya pihak dari luar negeri mau ikut andil secara nyata ingin mengubah atau menggoyahkan NKRI,” papar dia.

Ia berharap kepada TNI bersama sama Polri dan pemerintah bagaimana penanganan konflik itu segera dapat diatasi dengan cara tidak adanya korban atau korban jiwa.

“Kenapa harus menunggu korban jiwa jika itu bisa dicegah atau diayomi di masyarakat atau kelompok kelompok di masyarakat. Rakyat Indonesia sudah terkoreksi akibat orde lama, orde baru dan orde reformasi,” kata dia.

Ia mendorong TNI terus memperkuat basis penting untuk rakyat dan dirinya mendukung adanya penambahan peralatan dalam rangka kedaulatan Indonesia.

“Jika Indonesia ingin menjadi negara maju makanya kuncinya adalah kebersamaan membangun bangsa. Membangun Indonesia dirasakan secara bersama pula. Kembali, TNI lahir dari dan bersama rakyat, sebaiknya tidak ada kesan membatasi diri akibat pelajaran pasca reformasi,” sebutnya.

Baca juga: Akademisi Untan apresiasi peran TNI yang semakin luas

Terkait hari ulang tahun TNI ke-74 Zulfydar atas nama pribadi dan Ketua fraksi Amanat Keadilan Bangsa DPRD Kota Pontianak mengucapkan selamat ulang dan sukses selalu, salut untuk tetap menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

“Selamat ulang tahun TNI ke-74. Sukses selalu dan terus menjadi bagian dari rakyat. Jaya selalu untuk Indonesia maju,” ucap Ketua DPD PAN Pontianak tersebut.

Baca juga: Turnamen bola voli Dandim Cup meriahkan HUT TNI di Kapuas Hulu
Baca juga: TNI AD latih siswa perbatasan persiapan HUT RI
Baca juga: Lanud Supadio prioritaskan program "Road to Zero Accident"
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019