Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Kalimantan Barat, Hendra Bachtiar mengharapkan pemerintah Sintang bisa membantu kelancaran proses IMB untuk rencana pembangunan kantor Gubernur Kapuas Raya yang akan di bangun di Kabupaten Sintang sebagai calon ibu kota provinsi baru tersebut.

"Hari ini, saya beserta konsultan berkunjung ke Sintang untuk membahas rencana pembangunan kantor pemerintahan calon Provinsi Kapuas Raya bersama Pemkab Sintang," kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Kalimantan Barat, Hendra Bachtiar, di Sintang, Kamis.

Hendra menjelaskan pihaknya mendapatkan arahan dan perintah untuk segera memproses langkah pembangunan kawasan Kantor Pemerintahan Calon Provinsi Kapuas Raya.


Baca juga: Cornelis siap teruskan perjuangan pembentukan Kapuas Raya


Dari hasil studi kami, lokasi pembangunan   Kantor Pemerintahan Calon Provinsi Kapuas Raya di Jeora 1 sangat layak karena banyak faktor.

"Kedatangan kami ke Sintang untuk mengurus kelengkapan IMB. Kami membutuhkan dukungan dari Pemkab Sintang soal pemenuhan kebutuhan  persyaratan administrasi," tuturnya.

Ia mengatakan sedang berkoodinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang dalam mengurus AMDAL yang pengerjaannya dilakukan Pemkab Sintang. Mohon supaya proses AMDAL dan IMB bisa lancar.

"Kami juga minta bantuan Pemkab Sintang untuk siapkan air bersih dan listrik. Tahun ini, kami akan bersihkan lahan, bangun jalan dan ratakan tanah. Kami juga sudah melihat langsung lokasinya," katanya.

Baca juga: Jembatan Kapuas 3 dibangun, jalan di Sungai Kakap berstatus nasional

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sintang Jarot Winarno menjelaskan Pemkab Sintang sudah menyiapkan lahan sekitar 32 hektar untuk kawasan Kantor Pemerintahan Calon Provinsi Kapuas Raya.

Jarot menyatakan pihaknya siap memberikan dukungan. Proses pengurusan AMDAL dan IMB akan kami bantu sepenuhnya supaya lancar. Administrasi yang diperlukan untuk memperlancar pengurusan AMDAL dan IMB akan kita siapkan.

"Kita mengharapkan dengan dibangunnya Kantor Pemerintahan di Jerora Satu nanti, akan tumbuh kota baru menuju ke Kelam Permai. Listrik tidak ada masalah. Air bersih juga kita siap suplai kesana. Kami juga akan pertimbangkan kelanjutan pembangunan TPA sampah di sana," kata Jarot.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang Zulkarnaen menjelaskan siap membantu semua keperluan administrasi untuk kelancaran persiapan lokasi pembangunan Kantor Pemerintahan.

Baca juga: Dewan Sintang desak pemerintah realisasikan Provinsi Kapuas Raya


"Kami siap bantu untuk seluruh persyaratan administrasi rencana pembangunan Kantor Pemerintahan Calon Provinsi Kapuas Raya sesuai kewenangan kami," kata Zulkarnaen.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Akhmad Darmanata  menyampaikan kesiapan pihaknya dalam memproses AMDAL pembangunan Kantor Pemerintahan.

"Kalau berkas administrasi sudah lengkap. Akan langsung kami kerjakan. Pengajuan sudah ada masuk. Hanya ada berkas yang kurang," terang Akhmad Darmanata.

Baca juga: Pemprov Kalbar mantapkan persiapan pembentukan Pembentukan Kapuas Raya
Baca juga: Lepaskan pelayanan DAS, Bupati Kubu Raya puji BKKBN
Baca juga: Suplai barang terganggu karena akses Jembatan Kapuas II ditutup
 

Kondisi jalan menuju SMPN 8 Sepauk Sintang

 

Pewarta: Rendra Oxtora/Tantra Andi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020