Jajaran Polres Bengkayang, Kalbar menyatakan siap mengamankan perhelatan Pilkada 2020 dengan melakukan sejumlah persiapkan dan di antaranya rutin melakukan latihan Dalmas (pengendalian massa) dan Raimas (pengurai massa).

Kasat Sabhara Polres Bengakayang, AKP Ruly Rusli mengatakan tujuan latihan Raimas ini untuk meningkatkan kemampuan anggota Sabhara dalam memecah belah kekuatan massa yang melakukan unjuk rasa secara anarkis.

Baca juga: Survei : Sebastianus Darwis paling dipilih warga Bengkayang untuk pilkada

“Sekaligus untuk meningkatkan kemampuan anggota, khususnya anggota Sabhara dalam melaksanakan tugas di lapangan. Sehingga tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran maupun kesalahan prosedural oleh anggota di lapangan saat melaksanakan pengamanan unjuk rasa," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa dalam latihan diperagakan pola-pola pengurai massa di lokasi bersimpang tiga dan bersaf serta massa dari satu arah dan dua arah.

Hal ini dilakukan, seiring perkembangan gangguan Kamtibmas secara nasional yang mengalami peningkatan maka Polri perlu membekali diri dengan kemampuan secara perorangan maupun kelompok. Hal itu agar senantiasa siap menghadapi ancaman faktual yang kemungkinan terjadi.

Baca juga: 85 PPK terpilih, KPU Bengkayang minta tanggapan masyarakat

“Melihat tugas Sat Sabhara sebagai garda terdepan dalam bidang tugas kepolisian yang harus selalu siap tidaklah mudah. Tidak jarang dalam tugas ini terjadi hambatan-hambatan berupa gangguan terhadap kelancaran, ketertiban, keamanan terhadap tugas yang diembannya,” jelasnya.

Untuk porsi latihan, AKP Ruly menargetkan latihan dalam satu bulan sampai empat kali latihan dengan metode atau teknik latihan yang berbeda.

"Menjelang pilkada, untuk latihan dalam satu bulan sampai empat kali latihan dari Dalmas awal hingga Dalmas lanjutan", tutup AKP Ruly.

Baca juga: KPU ajak semua pihak sosialisasi tahapan Pilkada Bengkayang

Terkait Pilkada 2020 di Kabupaten Bengkayang, sejumlah tokoh dari berbagai kalangan bermunculan. Bahkan sudah beberapa yang mendaftarkan diri ke partai politik yang melakukan penjaringan.

Tokoh baik dari akademisi, pengusaha, pemuda, politikus maupun ormas siap berlaga di pesta lima tahunan tersebut.

Tahap pemungutan suara pilkada akan digelar pada 23 September 2020. Di Kalbar ada tujuh kabupaten yang menyelenggarakan pilkada serentak tersebut.

Baca juga: Polres Bengkayang petakan kerawanan Kamtibmas untuk Pilkada 2020
Baca juga: 309 peserta lolos administrasi PPK Pilkada 2020 Kabupaten Bengkayang
Baca juga: Bawaslu Bengkayang ingatkan pergantian pejabat sesuai aturan
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020