Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkayang, Kalimantan Barat, meminta tanggapan masyarakat terkait anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang terpilih dan sudah diumumkan sebagai petugas pada Pilkada Bengkayang 2020.

"Telah kita umumkan kemarin ada 85 calon anggota PPK terpilih yang tersebar di 17 kecamatan se-Kabupaten Bengkayang untuk selanjutnya dimintakan tanggapan masyarakat pada 15-21 Februari 2020. Jika ada masyarakat yang akan menyampaikan tanggapan agar menyertakan pula identitas diri secara formal," ujar Ketua KPU Kabupaten Bengkayang Musa Jairani saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Baca juga: 309 peserta lolos administrasi PPK Pilkada 2020 Kabupaten Bengkayang

Musa menambahkan, jika ada tanggapan masyarakat maka KPU Bengkayang akan melakukan klarifikasi dan penelusuran kebenaran tanggapan masyarakat terhadap calon anggota terpilih.

"Jika tidak ada tanggapan masyarakat, maka calon anggota PPK terpilih akan dilantik pada tanggal 29 Februari 2020," kata dia.

Musa menyatakan, seleksi PKK telah melalui beberapa tahapan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Ia mencontohkan mulai dari seleksi atau penelitian administrasi berkas calon anggota PPK, seleksi tertulis dan kemudian seleksi wawancara untuk mendalami kemampuan atau potensi serta penelusuran rekam jejak calon anggota PPK.

Baca juga: Kapuas Hulu butuhkan 846 orang Panitia pemunggutan suara

"KPU Bengkayang juga telah mengumumkan secara resmi pembukaan pendaftaran calon anggota panitia pemungutan suara untuk setiap desa atau kelurahan se-Kabupaten Bengkayang yang kita umumkan di website KPU Bengkayang http://kpu-bengkayangkab.go.id, di papan pengumuman Kantor KPU Kabupaten Bengkayang, di 17 kantor camat se-Kabupaten Bengkayang, serta di media sosial," kata dia.

Ia meminta berbagai pihak untuk ikut menyampaikan kepada masyarakat tentang tahapan Pilkada 2020.

"Kita harap kepada pemangku kepentingan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat bahwa tahapan Pilkada Bengkayang 2020 sudah dimulai," katanya.

Baca juga: KPU Sambas rekrut 12.604 petugas untuk Pilkada 2020

Terkait Pilkada 2020 di Kabupaten Bengkayang, sejumlah tokoh dari berbagai kalangan bermunculan. Bahkan sudah beberapa yang mendaftarkan diri ke partai politik yang melakukan penjaringan.

Tokoh baik dari akademisi, pengusaha, pemuda, politikus maupun ormas siap berlaga di pesta lima tahunan tersebut.

Tahap pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September 2020. Di Kalbar ada tujuh kabupaten yang menyelenggarakan pilkada serentak tersebut.

Baca juga: KPU tetapkan pasangan calon Pilkada Kapuas Hulu pada Juli 2020
Baca juga: Kapolda Kalbar berharap penyelenggaraan Pilkada 2020 aman dan damai
Baca juga: Polres Bengkayang petakan kerawanan Kamtibmas untuk Pilkada 2020
   

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020