Wakil Bupati Kayong Utara (KU) Effendi Ahmad berharap Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memprioritaskan pembangunan Jalan Siduk-Teluk Batang pada anggaran tahun 2021 karena jalan tersebut merupakan akses utama kegiatan sosial ekonomi masyarakat setempat.

"Kami berharap pemerintah provinsi memprioritaskan pembangunan Jalan Teluk Batang-Siduk mengingat jalan ini adalah urat nadi perekonomian dari Kayong Utara ke Ketapang," ujarnya saat dihubungi di Kayong Utara, Senin.

Baca juga: Kayong Utara koordinasikan dengan Pemrov Kalbar kondisi jalan provinsi rusak

Ia menyebutkan bahwa dirinya bersama DPRD Kayong Utara dan OPD terkait telah melakukan audiensi ke pemerintah provinsi untuk meminta kejelasan anggaran lanjutan peningkatan pembangunan Jalan Siduk- Sukadana. Sebelumnya jalan tersebut dianggarkan Rp7 miliar. Namun karena wabah COVID dipotong dan kini hanya Rp2,6 miliar.

"Kemudian kami juga mengusulkan agar di Teluk Batang itu ada jembatan timbang sehingga mobil ekspedisi yang menggunakan ASDP bisa diperiksa sesuai kekuatan jalan. Kalau tidak, mobil ekspedisi tersebut ditimbang saja dulu di Rasau sebelum masuk ke ASDP tujuan Teluk Batang," katanya.

Baca juga: Bupati Citra dan DPRD Kalbar tinjau kondisi Jalan Siduk- Teluk Batang

Selain itu, juga untuk memaksimalkan fungsi pengawasan terhadap muatan mobil. Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Dinas Perhubungan agar meningkatkan fungsi jembatan timbang Kuala Satong.

"Kami berharap bisa silaturahim dengan Bapak Gubernur karena saya yakin jika Gubernur yang perintahkan untuk membangun jalan ini saya yakin bisa cepat selesai," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kayong Utara Sarnawi, yang meminta jadwal pertemuan ke bagian protokol gubernur Kalbar agar bisa bersilaturahim dan berbicara serius terhadap permasalahan yang dihadapi "negeri bertuah" tersebut.

"Inti dari pertemuan tersebut akan disampaikan kepada gubernur Kalbar beserta dengan hasil kunjungan DPRD Provinsi Kalbar, yang pada saat bersamaan mengunjungi Kabupaten Kayong Utara," katanya.

Baca juga: DPRD Kayong Utara sayangkan pemotongan anggaran jalan Siduk - Sukadana
Baca juga: Pemprov Kalbar alokasikan Rp12 miliar untuk Jalan Siduk - Teluk Batang
Baca juga: Ruas jalan Siduk - Sukadana baru ditambal kembali berlubang

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020