Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi mengatakan wilayah Kapuas Hulu yang cukup luas sangat cocok didirikan "Boarding school" sekolah asrama, karena banyak keunggulan dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan dan saat ini daerah tersebut memiliki dua sekolah berasrama di bawah naungan dinas pendidikan setempat.

" Kita di Kapuas Hulu sebenarnya sangat cocok sekolah berasrama, banyak ke unggulannya terutama proses pembelajaran lebih terfokus dan bukan hanya berbicara terori, namun lebih ke praktek untuk bekal anak - anak kita terjun di tengah masyarakat," kata Petrus Kusnadi, ditemui di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.

Disampaikan Petrus, untuk saat di Kapuas Hulu ada dua sekolah berasrama yaitu Karya Budi dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Insan Mandiri Putussibau, kedua sekolah tersebut memiliki keunggulan meski pun untuk SMPIT bisa dikatakan baru berdiri di Kapuas Hulu.

Menurut dia, proses pembelajaran sekolah berasrama lebih kepada mendidik anak untuk menuju kemandirian, serta terbukti juga sekolah berasrama lebih mampu berkembangan dengan kemandiriannya, meski pun tidak terlepas dari dukungan pemerintah.

" Saat ini kita tidak membeda - bedakan sekolah negeri dan swasta di bawah yayasan, pemerintah terus berupaya membantu pengembangan sekolah tersebut, hanya saja terkadang kita keterbatasan anggaran, tetapi untuk sekolah swasta tetap kita beritakan dana Bantuan operasional sekolah (BOS)," ucap Petrus.

Dikatakan Petrus, sejak dulu di Indonesia sebenarnya sekolah berasrama itu memiliki keunggulan dan terbukti seperti halnya Pesantren dan sekolah - sekolah yang di dirikan misionaris, hanya saja lebih berbasis keagamaan.

Meski pun demikian, pelajar umum juga menjadi perhatian serius bagi sekolah berasrama tersebut.

Selain itu, keunggulan lainnya menghemat anggaran pemerintah, dimana untuk saat ini kita masih kekurangan guru sementara bangunan untuk SD dan SMP di Kapuas Hulu kurang lebih 500 unit.

Dengan sekolah berasrama tentunya dapat lebih menyerap tenaga pendidikan yang juga berkualitas terutama dalam perekerutan guru.

" Jadi menurut saya Kapuas Hulu ini memang cocok jika ada sekolah berasrama tentunya pemerintah sangat mendukung," kata Petrus.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020