Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat pada tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp7,5 miliar untuk membangun sarana air bersih di sejumlah daerah tertinggal dan terpencil di wilayah setempat.
 
"Bantuan pembangunan prasarana air bersih itu menyebar di wilayah Kapuas Hulu yang dikelola secara swadaya oleh kelompok masyarakat di daerah tertinggal, terpencil dan daerah yang berstatus stunting," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Tata Ruang dan Cipta Karya Kabupaten Kapuas Hulu Nusantara Gawat di Putussibau, Jumat.
 

Baca juga: Dinas PUPR Kayong Utara pastikan target bupati pasokan air bersih terwujud
Baca juga: Edi Kamtono minta PDAM tingkatkan layanan dan tekan kebocoran

 
Ia menyampaikan pembangunan prasarana air bersih tersebut, seperti WC atau toilet umum dan fasilitas air bersih.
 
Menurut dia, dana bantuan pembangunan prasarana air bersih nantinya langsung masuk ke rekening kelompok masyarakat. "Jumlah bantuan untuk masing-masing kelompok masyarakat berbeda, minimal Rp200 juta dan maksimal Rp600 juta," kata Gawat.
 
Ia menjelaskan untuk sasaran bantuan juga mengacu pada Surat Keputusan Bupati Kapuas Hulu terkait desa tertinggal, terpencil dan stunting.


Baca juga: PDAM Kota Pontianak target tekan kebocoran air hingga 25 persen
Baca juga: Edi Kamtono minta PDAM Pontianak tingkatkan kualitas layanan
 
 
"Hampir seluruh kecamatan di Kapuas Hulu menerima bantuan itu, baik di Lintas Utara, Selatan maupun lintas Kapuas, seperti Kecamatan Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Jongkong,dan Silat Hilir serta banyak lagi kecamatan lainnya," kata Gawat.
 
Dalam pelaksanaannya, kata Gawat, akan dibantu oleh dua tenaga teknis dan administrasi,yaitu Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL).
 
Dia berharap pelaksanaan pembangunan prasarana air bersih itu bermanfaat bagi masyarakat dan untuk mengentaskan daerah tertinggal, terpencil dan stunting.

Baca juga: Bupati Kayong Utara cari solusi air bersih di Sukadana
Baca juga: Pengadaan air bersih sudah dapat dinikmati warga berkat TMMD 108
Baca juga: Anggota TMMD 108 tuntaskan pengerjaan bak penampung air bersih
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021