Wali Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat Edi Rusdi Kamtono mengajak seluruh masyarakat setempat memaknai Hari Lahir Pancasila untuk memperkuat ketangguhan dalam mengatasi pandemi COVID-19.

"Mari kita maknai Hari Lahir Pancasila ini sebagai pemersatu bangsa untuk bersama-sama melawan pandemi COVID-19, salah satu caranya dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya usai mengikuti upacara virtual peringatan Hari Lahir Pancasila dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo di Pontive Center Pontianak, Selasa.

Baca juga: Bupati Citra apel secara virtual di hari lahir Pancasila

Momentum peringatan Hari Lahir Pancasila di tengah pandemi ini, kata dia, memiliki makna khusus bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Edi menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara, yang mana di dalamnya terdapat nilai-nilai untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Terlebih di tengah pandemi yang belum berakhir, katanya, Pancasila menjadi perekat dan memperkuat persatuan serta kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Bagaimana persatuan dan kesatuan tersebut sebagai kekuatan bangsa ini untuk tangguh menghadapi pandemi COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Wahyudi: Pancasila untuk Indonesia tangguh dan Kapuas Hulu Hebat

Ia juga mengajak generasi muda memahami makna yang terkandung dalam setiap sila dari lima sila pada Pancasila. Sila-sila tersebut menjadi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Oleh sebab itu, jadikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, dan taat jaga jarak.

"Karena dengan menaati prokes, maka kita bisa mencegah agar tidak terpapar atau tidak menularkan kalau kita secara tidak sadar sudah terpapar COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Hari lahir Pancasila ASN Rutan Pontianak kibarkan bendera di rumah
Baca juga: Gubernur Kalbar ajak masyarakat tanamkan nilai Pancasila hadapi Pandemi
Baca juga: Tokoh perbatasan : Tanamkan pancasila pada generasi muda

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021