Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) berperan penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan masyarakat di Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"PKK dengan berbagai kegiatannya seperti yang tercermin dalam 10 program pokok PKK, telah turut berperan penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan masyarakat Kapuas Hulu," kata Fransiskus Diaan, saat membuka Rapat kerja daerah Tim Pengerak PKK Kapuas Hulu, di Putussibau ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.

Disampaikan Fransiskus, program dan kegiatan PKK selama ini telah berjalan dengan baik dan lancar serta telah bersinergi mendukung program pemerintah daerah. Meski pun demikian, evaluasi menyeluruh terhadap program kerja yang telah berjalan harus tetap dilaksanakan, agar program yang telah telah disusun dapat lebih efektif, tepat arah dan tepat sasaran.

Baca juga: TP-PKK Kapuas Hulu siap sosialisasikan protokol kesehatan

Menurut dia, program Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu harus juga mengakomodasi aspirasi kecamatan dan desa dan mengingatkan para kader agar lebih memahami kondisi dan potensi daerah yang berbeda-beda.

"PKK mesti bisa bermitra dengan semua komponen termasuk pemberdayaan masyarakat agar terwujud kesejahteraan masyarakat," pinta Fransiskus.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kapuas Hulu Angelina Fremalco mengatakan PKK Kapuas Hulu akan menggali potensi di setiap kecamatan yang ada di wilayah Kapuas Hulu.

"Potensi di setiap kecamatan itu berbeda-beda, jadi kedepannya kita akan gali potensi di masing-masing kecamatan," kata Angelina.

Baca juga: Bupati Kapuas Hulu minta TP-PKK sukseskan pembangunan

Selain itu, Angelina yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Barat menyatakan peran dan tugas PKK juga berperan untuk menanggulangi percepatan penanganan pandemi COVID-19.

"Kita harus selalu mensosialisasikan tentang protokol kesehatan serta menghimbau kepada lansia agar mau divaksin," ucap Angelina.

Dikatakan dia, PKK Kapuas Hulu selama ini telah melakukan beberapa kegiatan seperti sosialisasi COVID-19, membagi masker, dan Kamis (23/9) akan melaksanakan vaksinasi di Kecamatan Bika.

Baca juga: TP PKK Kapuas Hulu prioritaskan dasawisma di setiap desa
Baca juga: Ibu PKK daerah perbatasan galakkan kerajinan tangan dan bercocok tanam
Baca juga: GOW Kapuas Hulu dorong perempuan sebagai agen perubahan pembangunan

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021