Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Esidorus berharap pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang segera terealisasi karena diyakini bisa menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi di daerah perbatasan.

"Kita tentu berharap realisasi pembangunan PLBN Jagoi Babang di Bengkayang ini segera selesai. Sehingga bisa menjadi pos lintas terpadu sekaligus mendorong ekonomi daerah khususnya bagi masyarakat perbatasan," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Esidorus menambahkan kehadiran negara sangat diperlukan di wilayah perbatasan. Dengan keberadaan PLBN nantinya juga diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang sering muncul di wilayah perbatasan.

"Kalau PLBN sudah terbangun kita harap bisa mengatasi masalah sosial ekonomi, masalah perlintasan ilegal dan lain-lain. Apalagi PLBN adalah pos terpadu. Sehingga bisa mendukung perdagangan lintas batas antar kedua negara dan masyarakat bisa lebih diuntungkan," kata dia.

Baca juga: BPN Bengkayang tegaskan lahan PLBN Jagoi Babang tidak bermasalah

Dengan akan hadirnya PLBN Jagoi Babang, ia mengajak masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam memanfaatkan berbagai hal dari pembangunan yang ada.

"Jadi dengan pembangunan PLBN Jagoi Babang bisa dimanfaatkan dan berdampak langsung bagi masyarakat dan daerah," kata dia.

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengaku sangat mendukung upaya pemerintah pusat guna mempercepat pembangunan PLBN Jagoi Babang. Bentuk dukungannya dengan menyediakan lahan seluas 104 hektare.

"Saat ini masih proses pembangunan, Pemda Bengkayang berkomitmen agar dapat mendukung proses penyelesaian pada Juli 2022 sesuai dengan target," jelas dia.

Dengan terbukanya PLBN nanti, ia berharap akan menjadi suatu daya dukung perekonomian di daerah perbatasan khususnya Jagoi Babang, Siding dan Seluas.

Baca juga: Wakil Bupati Bengkayang dukung penyelesaian PLBN Jagoi Babang
Baca juga: PLBN Jagoi Babang dalam tahap penetapan lokasi
Baca juga: Bengkayang rawan kasus narkoba karena tidak ada PLBN resmi

"Apalagi jika melihat jarak antara Sarawak dengan Jagoi, Jagoi dengan Kota Bengkayang, Bengkayang dengan Pontianak yang cukup dekat, banyak daerah yang akan mendapat dampak positif. Kita harap dukungan masyarakat kepada pembangunan ini biar semuanya bisa lancar dan selesai sesuai target," jelas dia.

Sebelumnya, Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Bengkayang telah menegaskan bahwa lahan untuk pembangunan PLBN di Jagoi Babang sudah tidak ada permasalahan. Saat ini tim appraisal sudah melakukan peninjauan di lapangan untuk menilai harga lahan dan benda-benda yang berada di atas tanah yang akan dibangun PLBN tersebut.

Baca juga: Pemuda perbatasan minta realisasi pembangunan PLBN Jagoi Babang
Baca juga: Kalbar siapkan lahan PLBN Jagoi Babang - Sungai Kelik

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021