Wali Kota Pontianak, di Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I akan dimulai tahun 2022 sedangkan tahap lelang dilaksanakan pada Desember 2021.

"Rencana pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I sudah ada titik terang. Dari informasi terbaru yang saya dapat dari pusat bahwa lelang atau tender proyek pembangunan tersebut akan mulai dilaksanakan Desember 2021," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Selasa.

Artinya, menurut dia sudah ada kepastian jembatan itu dibangun dan pembangunan konstruksinya akan dimulai tahun 2022 mendatang.

Dia berharap rencana pembangunan jembatan yang sangat dinantikan masyarakat guna mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sana berjalan lancar dan segera difungsikan. Oleh sebab itu, dirinya secara khusus mengawal proses rencana pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I dengan terus berkoordinasi kepada Ketua dan Wakil Ketua Komisi V DPR RI untuk ikut mendukung pembangunan ini. 

Meskipun dirinya belum mendapat gambaran target penyelesaian pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I tersebut, ia memperkirakan untuk pembangunan konstruksinya membutuhkan waktu paling cepat satu tahun dan paling lambat dua tahun.

"Tergantung alokasi anggaran dan tingkat kesulitan yang ada di lapangan," ungkap Edi.

Ia berpendapat, pembangunan jembatan itu tidak terlalu banyak mengalami kesulitan dalam pengerjaannya karena sudah adanya Jembatan Kapuas I. Hal yang menjadi atensi pihaknya adalah komitmen pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mendukung percepatan pelaksanaannya.

"Kalau untuk pembebasan lahan yang menjadi kewajiban Pemerintah Kota Pontianak sudah tidak ada masalah dan tuntas dengan total anggaran Rp43,7 miliar dari APBD Kota Pontianak," katanya.

Baca juga: Pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I semakin ada kepastian
Baca juga: Pembangunan jembatan paralel Kapuas I Pontianak diharapkan mulai tahun depan

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021