Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang akan membangun lapangan tembak di Pantai Tanjung Belandang Desa Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan. Ini diungkapkan Bupati Ketapang, Martin Rantan SH MSos saat berkunjung dan meninjau kondisi di pantai tersebut. 

"Kedatangan saya berawal dari usulan Kepala Desa Sungai Awan Kiri agar wilayahnya ini dijadikan Fokus Desa Wisata. Setelah saya cek ke bagian aset ternyata Pemkab Ketapang memiliki aset 3 hektar di Pantai Tanjung Belandang," ungkap Bupati saat di Pantai Tanjung Belandang.

"Terhadap aset 3 hektar tanah milik Pemkab ini, kita rencanakan dibangun lapangan tembak. Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolres dan Dandim Ketapang, nanti 2023 akan mulai dibangun," lanjut Bupati.

Baca juga: Bupati Ketapang Berterimakasih Atas Penghargaan Kementerian LH dan Kehutanan
Baca juga: Bupati Buka sosisalisasi fasilitasi pendaftaran kependudukan di Muara Pawan
Baca juga: Wabup Ketapang lepas aksi sejuta sepeda satu Indonesia

Namun menurut Bupati tentu luas 3 hektar tentu tidak maksimal untuk dibangun lapangan tembak.
"Sebab itu nanti kalau bisa luas aset tanah yang ada ditambah menjadi 15 sampai 20 hektar. Paling tidak lebih kurang minimal 10 hektar dan harus menyatu atau tidak terpisah," jelasnya. 

"Informasi sementara luas tanah itu bisa ditambah karena rata-rata ada bagian sebelahnya oleh pemilik mau jual tanahnya. Nanti saya minta kepala bidang aset Pemkab Ketapang untuk membuat patok batas tanah," sambung Bupati. 
 
Bupati Ketapang, Martin Rantan meninjau kondisi Pantai Tanjung Belandang Desa Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan (ANTARA/Subandi)



Terhadap usulan Kepala Desa Sungai Awan Kiri, Bupati mengatakan sedang dilakukan uji kelayakan apakah bisa dijadikan Desa Fokus Wisata. "Namun harapan saya bisa menjadi desa Ekotourism yakni program pembangunan pantai secara terpadu. Jadi wisata jalan dan ekonomi masyarakat juga jalan," tutur Bupati. 

Pada kesempatan ini, Bupati juga langsung meninjau rencana pembangunan pelindung untuk mencegah terjadinya abrasi pantai Tanjung Belandang. "Kita harap pembangunanya bisa berlangsung lancar dan hasilnya bagus," harap Bupati. 

Baca juga: Bupati Ketapang ajukkan proyek strategis daerah menjadi proyek starategis nasional
Baca juga: Bupati bangga santri Ponpes Mambaul Khairat miliki skill ilmu agama - formal

Kepala Desa Sungai Awan Kiri, Safwan Noor membenarkan ada mengirim surat kepada Pemkab Ketapang agar desanya ditetapkan menjadi Desa Fokus Wisata. Tujuannya agar Desa Sungai Awan Kiri bisa maju dibidang pariwisata dan menjadi tempat kunjungan masyarakat. 

"Kalau sudah menjadi tempat kunjungan wisata tentu dampaknya akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Misalnya bisa membuka peluang kerja di tempat wisata ini shingga kesejahtera masyarajat juga bisa meningkat," tuturnya.

Ia berterimakasih kepada Bupati karena telah mau mendukung apa yang diharapkan pihaknya. "Kita juga akan selalu mendukung bersinergi dengan program-program Pemkab Ketapang. Termasuk rencana pembangunan lapangan tembak itu tentu sangat kita dukung," ucap Safwan. 

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022