Kabupaten Ketapang diharapkan bisa masuk nominasi pada ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2022. Ini disampaikan Bupati Ketapang, Martin Rantan SH MSos melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang, Alexander Wilyo S STP MSi.

"Semoga Ketapang masuk nominasi ajang IGA 2022," harap Sekda saat membuka Rapat Sosialisasi dan Pernyataan Komitmen terkait IGA 2022 di Kantor Bupati Ketapang, kemaren melalui rilis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Ketapang, Jumat.

Baca juga: Kejaksaan pastikan Luhai Anggota DPRD Ketapang diputus bersalah
Baca juga: Pemkab dan DPRD Ketapang tandatangani nota kesepakatan
Baca juga: Pemkab Ketapang evaluasi persiapan MTQ ke 30 tingkat Kalbar

Menurut Sekda, jika Ketapang masuk nominasi tentu akan berdampak bagus. Lantaran akan ada reward misalnya berupa dana insentif daerah atau perhatian lainnya dari Pemerintah Pusat.

Ia pun mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada organisasi perangkat daerah (OPD). Khususnya yang telah berpartisipasi pada ajang IGA tahun 2021. "Saya harap partisipasinya bisa lebih ditingkatkan lagi tahun ini," ajaknya.

IGA merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian Dalam Negeri. Penganugerahan IGA merupakan satu di antara cara untuk melaksanakan pengukuran indeks inovasi daerah.

Mengutip dari pedoman umum penilaian dan pemberian penghargaan IGA dan penjelasan teknis indikator indeks inovasi daerah. Kegiatan penilaian inovasi daerah ini dimaksudkan agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi.

Baca juga: Bupati dan Wabup Ketapang serahkan 455 SK dan SPK PPPK Guru tahap II
Baca juga: Pemkab Ketapang libatkan perusahaan perbaiki jalan dan jembatan
Baca juga: Polisi tangkap penjambret dan diancam 12 tahun penjara

Kemudian antar pemerintah kabupaten/kota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sehingga dapat diwujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Serta peningkatan pembangunan guna terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan pemerintah daerah inovatif atau indeks inovasi daerah memiliki beberapa tujuan. Di antaranya memotivasi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat sesuai dengan kategori sangat inovatif, inovatif. Serta memotivasi pemerintah daerah kurang inovatif dan tidak dapat dinilai.

Kemudian mendorong penerapan good governance dan meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Baca juga: Distanakbun kerja sama Untan Pontianak petakan pertanian di Ketapang
Baca juga: Ketapang raih enam medali emas pada ajang olahraga

Selanjutnya Mlmemberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang berhasil menerapkan inovasi dalam penyelenggaraan kepemerintahan secara transparan. Misalnya dalam upaya peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.

"Pelayanan publik semakin lama semakin baik dan mudah karena perkembangan teknologi dan informasi. Saya kira ini peluang juga buat kita menunjukkan bahwa Ketapang ini sudah maju," tutur Sekda. (Subandi)

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022