Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pontianak terus berupaya meningkatkan budaya literasi dan memperkuat kemampuan menulis tim hubungan masyarakat (humas) melalui pelatihan jurnalistik.

"Kegiatan pelatihan jurnalistik ini dalam rangka meningkatkan SDM dalam hal penulisan rilis berita dan penyusunan laporan atensi pimpinan. Harapannya pegawai yang diberikan pelatihan ini bisa dibekali kemampuan untuk menulis berita dan kemampuan menyampaikan berita," ujar Kepala Rutan Kelas IIA Pontianak, Raja Muhammad Ismael saat membuka pelatihan di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa humas merupakan ujung tombak dalam memberikan citra yang positif atas kinerja atau program yang dilakukan baik menyasar internal maupun eksternal.

"Humas ini berada di bawah langsung dengan pimpinan. Humas fungsinya luas sekali contohnya untuk internal bisa mencari informasi baik positif dan negatif sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam mengambil suatu keputusan. Kemampuan mendeteksi secara dini, mencari informasi yang cepat dan tepat harus dimiliki dengan baik oleh humas. Untuk itu lah melalui kegiatan ini SDM humas ditingkatkan kapasitasnya," papar dia.

Pelatihan dengan tema meningkatkan citra positif Rutan Pontianak melalui pelatihan jurnalistik diikuti sebanyak 20 orang pegawai Rutan. Ada pun untuk narasumber menghadirkan jurnalis ANTARA Biro Kalbar, Dedi.

Dalam pelatihan jurnalistik pegawai Rutan Pontianak diberikan materi dasar-dasar jurnalistik, hingga teknik dalam menulis berita. Bahkan dalam pelatihan tersebut praktek dan membedah berita yang dibuat peserta dilakukan. Sehingga dalam waktu sekitar dua jam peserta mendapat gambaran umum dan praktek langsung untuk membuat berita serta mengetahui kiat untuk menyampaikan sebuah informasi yang layak dan menarik disajikan di khalayak ramai.

 

Pewarta: Dedi dan Sucia Lucinda

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023