Pekan Olahraga dan Senin (Porseni) Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat diikuti 1.802 atlet tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang akan mengikuti 32 cabang olahraga dan seni di daerah tersebut.

"Porseni itu ajang pembinaan minat dan bakat pelajar di bidang olahraga dan seni, selain untuk prestasi Porseni juga menanamkan semangat persatuan dan kesatuan generasi muda," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, saat membuka Porseni di GOR Uncak Kapuas, di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu.

Disampaikan Fransiskus, melalui kegiatan Porseni tersebut juga dapat melati mental dan mempererat tali silaturahmi tanpa memandang perbedaan suku dan agama.

Menurutnya, antusias pelajar dan para guru pembimbing dalam pembukaan porseni juga menunjukkan semangat juang, bahkan berbagai seni dan tarian multi etnis yang ditampilkan menunjukkan kebhinekaan yang telah tertanam pada jiwa generasi muda.

"Jangan ada perdebatan atas perbedaan, kita semua satu dalam kesatuan bangsa dan negara, mari kita rawat semangat kebersamaan dalam meraih prestasi sebagai generasi penerus bangsa," katanya.

Dikatakan Fransiskus, pelajar SD dan SMP yang mengikuti porseni tingkat kabupaten tersebut merupakan atlet pilihan dari 23 kecamatan, yang akan bertanding dalam berbagai cabang olahraga dan seni.

Dia berpesan agar para guru pembimbing tetap menjaga dan mendampingi murid-murid hingga kegiatan porseni selesai.

"Saya melihat antusias pelajar dan guru dalam mengikuti porseni itu, karena beberapa tahun terakhir tidak bisa dilaksanakan karena pandemi COVID-19," ucapnya.

Fransiskus berharap melalui kegiatan porseni akan muncul bibit-bibit atlet sejak usia dini dalam meraih prestasi di bidang olahraga dan seni, sehingga dapat terus digali dan dikembangkan.
 

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan membuka pekan olahraga dan seni (Porseni) tingkat kabupaten di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (11/3/2023). ANTARA (Teofilusianto Timotius)
 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu Petrus Kusnadi yang juga sebagai Ketua Panitia Porseni Kapuas Hulu menyatakan Porseni Kapuas Hulu Tahun 2023 itu diikuti 3.026 peserta dan 1.802 diantaranya merupakan atlet tingkat SD dan SMP dari 23 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Dijelaskan Petrus, dalam kegiatan porseni akan ada 32 cabang olahraga dan seni yang dilombakan, diantaranya 16 cabang untuk tingkat SMP dan 16 cabang untuk tingkat SD.

"Porseni hendaknya bisa melatih peserta didik untuk jujur, sportif dan adil. Peserta yang terlibat di kabupaten sudah diseleksi ketat pada tingkat kecamatan dan ada tim keabsahan peserta sehingga tidak ada kecurangan dari peserta yang mengikuti porseni tersebut," katanya.

Diketahui, saat pembukaan Porseni Kapuas Hulu juga ditampilkan senam Indonesia cinta tanah air (Sicita) dan Pancasila secara massal, serta penampilan drum band dan tarian multi etnis oleh pelajar.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023