Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat sampai Oktober 2023, sebanyak 920 ribu mahasiswa dari seluruh Indonesia melakukan pembelajaran di luar kampus melalui beragam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Selama 2023, banyak program yang telah dicapai oleh perguruan tinggi, khususnya dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” kata Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Nizam dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Para mahasiswa tersebut melakukan pembelajaran di luar kampus, di antaranya melalui Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang Merdeka, Studi Independen Bersertifikat, Kampus Mengajar, maupun program MBKM yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi secara mandiri.

Selain itu, kata Nizam, pelaksanaan Program Dana Padanan (matching fund) Kedaireka juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, karena banyak perguruan tinggi yang bersinergi dan berkolaborasi dengan dunia usaha dan industri (DUDI).

“Hal itu untuk menciptakan berbagai peluang yang lebih bagi mahasiswa untuk menemukan masa depannya dan membangun Indonesia emas,” ujarnya.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023