Malang, Jatim (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melakukan kerja sama dengan Vocational Education Development Centre (VEDC) Malang dalam menyekolahkan siswa berprestasi asal kabupaten tersebut.

"Kerja sama ini kita lakukan setelah ada tawaran dari pihak VEDC Malang, dimana mereka akan memberikan beasiswa kepada sembilan orang siswa berprestasi kita untuk menimba ilmu disana," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Malang, Sabtu.

Menurutnya, penawaran tersebut diberikan oleh perwakilan dari VEDC saat rombongan siswa berprestasi Kubu Raya mengikuti kegiatan tur kewirausahaan di pusat pelatihan pendidikan kewirausahaan Sampoerna di Pasuruan Jawa Timur.

"Saya yakin ini semua bukan suatu kebetulan karena program pendidikan kewirausahaan yang kita berikan kepada siswa itu adalah murni untuk memberikan masukan positif dan pembentukan karakter siswa. Alhamdulillah, kita malah mendapat tawaran untuk menyekolahkan siswa terbaik kita di VDEC Malang, pada jurusan pariwisata dan perhotelan," tuturnya.

Dari hasil pembahasan kerja sama tersebut sembilan siswa berprestasi dari Kubu Raya akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi program D3 disana dan akan dibebaskan dari berbagai biaya kuliah.Tinggal bagaimana Pemkab Kubu Raya mencari anggaran untuk akomodasi siswa dan penginapan mereka selama menimba ilmu di Malang.

"Kita tentu menyambut baik kerja sama ini apa lagi untuk Kalimantan Barat, baru Kubu Raya yang mendapatkan tawaran ini. Apa lagi kita tentu akan sangat membutuhkan lulusan yang bisa memajukan pariwisata dan perhotelan di Kubu Raya yang akan menjadi salah satu prospek pengembangan pembangunan," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat VEDC Malang, Suwarno mengatakan pihaknya juga menyambut baik kerja sama yang dilakukan dengan Pemda Kubu Raya karena dia melihat antusias Pemda Kubu Raya untuk memajukan dunia pendidikan sangat tinggi.

"Kerja sama ini akan dilakukan selama lima tahun, namun bisa diperpanjang lagi dengan melakukan evaluasi ke depan untuk penyempurnaan kerjasama ini. Setelah mahasiswa ini lulusan dari VEDC dipastikan akan terserap di dunia kerja karena kita memiliki banyak owner yang bekerjasama selama ini," katanya.

Suwarno menyatakan, untuk progran beasiswa itu sudah di lakukan sejak tahun 1985. Bahkan pihaknya juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi untuk mlanjutkan pendidikan lebih tinggi di Jerman.

"Beasiswa yang diberikan kepada siswa Kubu Raya ini adalah program D3. Namun bagi mahasiswa berprestasi akan kita kuliahkan di Luar Negeri, dan utuk Kalbar memang baru Kubu Raya yang melakukan MoU dengan kita," kata Suwarno.

Dia juga menjelaskan, di VEDC itu memiliki beberapa jurusan diantaranya elektronik, teknik, pariwisata, dan beberapa peningkatan keterampilan lainnya.

Pendidikan di sini lebih mengarah kepada pengembangan pendidikan keterampilan bagi siswa.

"Kita telah melahirkan banyak mekanik profesional yang bekerja di berbagai perusahaan besar. Demikian dengan jurusan lainnya semua lulusan kita pasti bisa mandiri dan gampang terserap oleh dunia kerja," kata Suwarno menjamin.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012