Sungai Kakap, Kalbar (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kalimantan Barat melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura berkomitmen untuk memodernisasi sistem pertanian berbasis pedesaan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di provinsi itu.

"Untuk melakukan modernisasi di bidang pertanian, kita telah membentuk pusat alat dan mesin pertanian yang berada di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Ini sebagai bukti dan komitmen kita untuk terus meningkatkan produksi pertanian, agar Kalbar bisa menjadi salah satu provinsi penyanggah kebutuhan pangan Nasional," kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalimantan Barat, Hazairin di Sungai Kakap, Jumat.

Menurutnya, atas keberhasilan pihaknya mengembangkan pusat alat dan mesin pertanian tersebut, saat ini menteri perekonomian Republik Indonesia menyatakan siap untuk membantu pengadaan alat dan mesin pertanian modern untuk menambah peralatan pertanian modern yang sudah ada.

Hal tersebut dikarenakan, Kementrian Perekonomian telah melihat konsep yang jelas dari pusat alat dan mesin pertanian yang ada di Kalbar.

"Dengan semakin banyaknya peralatan peratanian modern yang kita miliki, tentu akan sangat membantu petani dalam memperluas areal tanam mereka. Karena bisa dirasakan sendiri, jika kita membuka lahan pertanian dengan mencangkul, tentu akan sangat lama, namun jika menggunakan alat modern, tentu prosesnya lebih singkat," tuturnya.

Hazairin mengatakan, mekanisasi pertanian merupakan salah satu faktor penggerak utama dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Berdasarkan hal tersebut pihaknya akan terus mematangkan konsep alsintan tersebut.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012