Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengharapkan setiap kepala desa ikut mendorong percepatan pembangunan di desanya masing-masing.

"Kepala-kepala desa terpilih merupakan orang-orang yang telah dipercaya oleh rakyatnya untuk mengemban tanggung jawab atas rakyatnya sendiri. Kepala-kepala desa tersebut diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan di desa masing-masing dengan membuka peluang sebanyak-banyaknya bagi masyarakat," kata Muda saat melantik lima kepala desa sekaligus yang dipusatkan di Sungai Kakap, Senin.

Dia menuturkan, hal itu tentu dapat dilakukan dengan membangun komitmen bersama masyarakat untuk bersama-sama mempercepat pembangunan, baik fisik maupun nonfisik.

Meski demikian, lanjut Muda, mempercepat indeks pembangunan manusia (IPM) desa harus mendapat perhatian serius dari semua masyarakat desa dan kepala desa di Kubu Raya.

Muda mengatakan, Desa-Desa yang ada di Kubu Raya merupakan daerah yang telah mengalami tranformarsi, yang harus benar-benar ditata dengan baik.

Menurutnya, yang paling penting saat ini adalah bagaimana caranya mencari dan memberikan peluang yang luas bagi rakyat di Kubu Raya. Karena saat ini pemerintah harus kreatif dan inovatif mencari solusi, terutama yang berkaitan dengan pengangguran.

"Untuk menekan angka tersebut pemerintah Desa juga harus ikut ambil bagian membuka peluang yang baik bagi warga desa dengan bersinergi dengan program-program pemerintah Kabupaten," tuturnya.

Berdasarkan hal tersebut, dia mengharapkan semua pihak harus berupaya mencari solusi untuk mengatasi persoalan-persoalan yang mungkin terjadi di masyarakat bersama-sama dengan pemerintah desa, terutama dalam penguatan program-program pertanian dan budidaya sebagai solusi bagi terciptanya sarana untuk menekan pengangguran dan membangun ekonomi kerakyatan.

"Saat ini kita tidak boleh lagi terlena hanya pada rutinitas pekerjaan yang ada, tetapi harus kreatif mencari solusi dan terobosan untuk membuka peluang bagi rakyat," katanya.

Lima Kepala Desa yang dilantik pada saat yang bersamaan adalah Herwin S sebagai Kepala Desa Sungai Itik, Salbiah sebagai Kepala Desa Kalimas, Mastor sebagai Kepala Desa Sepok Laut, Rusdi sebagai Kepala Desa Punggur Besar, Syarif Muksin sebagai Kepala Desa Tanjung Saleh.

Dalam kesempatan itu Muda mengajak semua kepala desa di Kubu Raya termasuk yang baru dilantik harus memahami bahwa jabatan sebagai kepala desa adalah tidak lebih dari sebuah tanggung jawab kepada masyarakat.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014