Pontianak (Antara Kalbar) - Hari pertama libur panjang berpengaruh terhadap layanan penumpang di Bandara Supadio Pontianak dibanding hari biasa yaitu meningkat 1.000 orang.
"Hari pertama ini ada kenaikan lima persen dibanding hari biasa di mana hari biasa kita melayani penumpang sekitar 10 ribu orang. Sedangkan untuk hari ini sudah 11 ribu penumpang," ujar General Manager Angkasa Pura II Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro di Pontianak, Kamis.
Dijelaskan Bayuh, berdasarkan tipe penumpang baik dari maupun menuju Pontianak persentasenya hampir sama. Selanjutnya, menurut Bayuh, meski ada peningkatan penumpang, hingga saat ini belum ada penambahan jadwal penerbangan dari maskapai yang ada.
"Baik pergi maupun datang ke Pontianak semua maskapai penuh. Namun belum ada maskapai menambah jadwal penerbangan,"katanya.
Ditambahkan Bayuh dengan tingginya penumpang, pihaknya juga harus menambah layanan atau personil untuk mengimbangi hal tersebut. Ia mencontohkan seperti petugas rambu-rambu runway, posko dan kebersihan harus ditingkatkan jumlahnya.
Diprediksikan Bayuh, kondisi meningkatnya penumang di Bandara Supadio-Pontianak hingga Senin (9/5) pagi mendatang.
"Senin saya perkirakan hari terakhir peningkatan penumpang. Setalah itu akan normal,"terangnya.
Sementara itu, libur long weekend juga berdampak baik terhadap okupansi hotel di Pontianak. Seperti yang disampaikan General Manager Transera Hotel Pontianak Patris Firtadjaja. Menurutnya saat ini ada peningkatan sekitar 40 persen akupansi di hotelnya.
"Alhamdulillah di libur panjang ini okupansi hotel kita meningkat. Jika hari biasa akupansi secara total kisaran 40 persen saja. Namun kini di atas 60 persen okupansinya,"katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016