Putussibau (Antara Kalbar) - Wisatawan mancanegara asal Malaysia dan Brunei Darussalam dijadwalkan menelusuri sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia di wilayah Kalimantan Barat pada 27 - 30 Januari 2017.

"Para wisatawan itu terlebih dahulu akan menikmati pesona Danau Sentarum, setelah itu akan berwisata menelusuri sungai Kapuas hingga ke Kota Pontianak," kata Ketua Danau Sentarum - Kapuas River Cruse Adventur 2017, Herkulanus Sutomo Manna, di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Rabu.

Ia menjelaskan wisatawan yang akan berkunjung ke sejumlah kabupaten maupun kota di Kalbar itu kurang lebih 62 orang dan didukung sepenuhnya oleh pemerintah daerah dan pemerintah provinsi, sehingga kegiatan itu dikemas dalam Aksi Sapta Pesona- Danau Sentarum - Kapuas River Cruse Adventur 2017.

Dikatakan Sutomo selama ini para wisatawan itu hanya mendengar potensi wisata melalui dunia maya, terutama panorama Danau Sentarum di Kapuas Hulu maupun sungai Kapuas.

" Mereka sama sekali belum pernah berwisata ke Danau Sentarum maupun sungai Kapuas, sehingga mereka merasa penasaran," tutur pria yang pernah menjadi Anggota DPRD Kapuas Hulu.

Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu, Junaidi mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut, bahkan Pemerintah Daerah Kapuas Hulu beserta sejumlah instansi lainnya turut serta dalam menyambut kedatangan para wisatawan.

" Kami rasa ini moment tepat untuk mempromosikan potensi wisata Kapuas Hulu," kata Junaidi.

Dirinya berharap dengan berkunjungnya wisatawan kedua negara itu nantinya dapat datang kembali dengan membawa lebih banyak lagi wisatawan lainnya.

Sementara itu, Kasi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu, Zainal Muttaqien mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung pengembangan dan promosi potensi wisata di kawasan taman nasional.

"Kita berharap kedatangan para wisatawan itu dapat memancing komunitas penggiat wisata lainnya, yang tujuan akhirnya mempromosikan potensi wisata untuk kesejahteraan masyarakat," tutur Zainal.

Pewarta: Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017