Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang, Kalimantan Barat, membangun satu unit puskesmas yang terbilang megah di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia tepatnya di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu.

Menurut Bupati Sintang Jarot Winarno di Sintang, Kamis, menyebutkan puskesmas yang ada di wilayah perbatasan sangatlah strategis sekaligus sebagai percontohan.

"Hanya dua puskesmas yang dibangun di perbatasan, yang pertama di Nanga Merakai, Kecamatan Ketungau Tengah, dan yang kedua dibangun di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu," jelasnya.

Ia telah meninjau pembangunan puskesmas tersebut. "Puskesmas Merakai sudah kita resmikan beberapa bulan yang lalu, dan puskesmas di Sungai Pisau Kecamatan Ketungau Hulu ini pun kita targetkan Oktober sudah, kita samakan dengan yang di Kecamatan Serawai," tambahnya.

Baca juga: Sekadau Bangun Gedung Baru Puskesmas Belitang

Dengan adanya Puksesmas Senaning yang baru terletak di Desa Sungai Pisau Jarot yakin banyak tenaga medis yang ingin mengabdi di daerah perbatasan ini.

"Untuk tenaga kesehatan sendiri itu sangat banyak dan sangat memadai, tentunya mereka pasti mau mengabdi di daerah perbatasan, dokter harus ada, perawat ada, bidan kita siap, hampir untuk tenaga kesehatan kita sudah siap tidak ada kendala, hanya untuk di bidang pendidikan saja yang kita kurang tenaga pendidiknya," ungkap dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh menjelaskan progres pembangunan Puskesmas Senaning ini yang terletak di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu sudah selesai dibangun. Pembangunannya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun Anggaran 2017.

Baca juga: Akim Letakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas

"Jadi DAK itu dari Kementrian Kesehatan diberikan kepada Dinas Kesehatan dan dibangunlah puskesmas di wilayah perbatasan salah satunya Puskesmas Senaning ini," kata dia.

Sinto menambahkan bahwa saat ini Puskesmas Senaning yang baru belum difungsikan dan masih perlu pembenahan sedikit serta yang lama masih difungsikan.

"Karena Puskesmas Senaning ini masih baru, jadi masih dalam persiapan untuk kita fungsikan, makanya puskesmas lama masih belum pindah. Puskesmas yang baru ini masih kita bersih-bersihkan dulu, lagipula masih kekurangan sumber air seperti belum dibuat sumur bor, tapi akan cepat kita laksanakan dalam waktu dekat ini, dan saya targetkan secepatnya bisa beroperasi," jelas Sinto.

Pewarta: Teguh dan Tantra Nur Andi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018